Syarat Mata Uang Untuk Bisa Lihat Nilai Bitcoin

Admin
17 Agustus 2022
Artikel | 104 0

Syarat Mata Uang Untuk Bisa Lihat Nilai Bitcoin | Crypstocks
Syarat Mata Uang Untuk Bisa Lihat Nilai Bitcoin

Mitos – mitos mengenai Bitcoin sebagai aset palsu dan tidak memiliki nilai intrinsik masih terus beredar. Banyak orang yang mempertanyakan bagaimana cara melihat nilai aset dari Bitcoin. Nah, simak yuk penjelasan mengenai syarat mata uang untuk bisa lihat nilai Bitcoin.

Terlepas dari banyaknya mitos yang beredar, Bitcoin kini menjadi salah satu alternatif uang fiat yang cukup populer di berbagai kalangan masyarakat. Uang fiat sendiri adalah alat tukar yang digunakan untuk penyimpanan kekayaan.

Keunggulan uang fiat adalah, nilainya yang bertahan dalam jangka panjang dan nilainya tidak rentan terkikis waktu. Di zaman sekarang ini, standar untuk menentukan nilai mata uang, utamanya didasarkan pada mekanisme permintaan dan penawaran.

 

Apa Saja Syarat Mata Uang Untuk Bisa Lihat Nilai Bitcoin?

Untuk menjadi mata uang yang memiliki nilai, suatu entitas harus memenuhi syarat – syarat mata uang. Begitupun untuk dapat melihat nilai Bitcoin sebagai mata uang digital, ada syarat – syarat lain yang harus dipenuhi oleh Bitcoin.

Berikut adalah beberapa syarat mata uang untuk bisa lihat nilai Bitcoin, pahami yuk agar tidak salah paham lagi!

1. Sifat Kelangkaan

Kunci utama untuk menentukan syarat mata uang untuk bisa lihat nilai Bitcoin adalah, mekanisme penawaran dan permintaan yang berlaku di kalangan masyarakat. Jika suplai mata uang berlebihan, maka suatu negara akan mengalami inflasi.

Sebaliknya, jika suplai mata uang terlalu rendah maka suatu negara akan terhambat pertumbuhan ekonominya, karena minimnya uang yang berputar. Untuk menjaga keseimbangan nilai mata uang, maka bank sentral akan mengeluarkan kebijakan.

Apakah syarat mata uang untuk bisa lihat nilai Bitcoin bisa dilihat dari sifat kelangkaannya? Maka untuk menjawabnya kita bisa melihat perkembangan Bitcoin dari awal peluncurannya.

Saat diluncurkan pada tahun 2009 silam, Bitcoin hanya menyuplai 21 juta keping. Dan diperkirakan akan habis ditambang pada 2140 mendatang. Nyatanya, Bitcoin juga mengalami kenaikan nilai karena permintaanya terus meningkat.

Hanya saja mekanisme permintaan dan penawaran pada Bitcoin belum memiliki otoritas untuk mengontrol keseimbangannya. Terlepas dari sifat fluktuatifnya, Bitcoin tetap memiliki sifat kelangkaan sebagai syarat mata uang untuk bisa lihat nilai Bitcoin.

2. Sifat Divisibility

Syarat lain agar suatu entitas bisa menjadi mata uang yang memiliki nilai adalah, karena bisa dibagi – bagi menjadi satuan yang lebih kecil atau divisible. Sifat inilah yang akan membantu masyarakat untuk melakukan transaksi barang maupun jasa.

Apakah syarat mata uang untuk bisa lihat nilai Bitcoin bisa dilihat dari sifat divisibility Bitcoin itu sendiri? Yap, faktanya, nilai Bitcoin bahkan bisa dibagi – bagi menjadi satuan yang lebih kecil, bahkan hingga 8 angka di belakang koma.

Unit terkecil dari Bitcoin disebut dengan Satoshi Unit memiliki bilangan 0,00000001 Bitcoin. Bahkan tingkat divisibility Satoshi Unit ini lebih besar dibanding dengan dolar AS. Oleh karena sifat keterbagiannya tersebut, Bitcoin terus mengalami permintaan yang konstan.

3. Sifat Utilitas atau Kegunaan

Mata uang tentu harus memiliki sifat utilitas atau kegunaan sebagai alat tukar untuk mempermudah manusia dalam melakukan transaksi jual beli. Kegunaan dari mata uang juga memiliki nilai praktis dan bisa dibawa dan digunakan dimanapun dan kapanpun.

Utilitas juga menjadi salah satu syarat mata uang untuk bisa lihat nilai Bitcoin. Hal itu karena adanya teknologi blockchain dalam sistem Bitcoin, yang berguna untuk mencatat setiap transaksi yang dilakukan, secara otomatis dan transparan.

Sistem blockchain di dalam Bitcoin menggunakan sistem Proof of Work, yang mengaitkan seluruh komputer di dalam satu jaringan. Tujuannya adalah untuk mempermudah verifikasi saat akan ada penambangan dan transaksi baru.

Tidak cukup disitu, komponen lain yang membuktikan syarat mata uang untuk bisa lihat nilai Bitcoin dari sifat utilitasnya juga terletak pada penjagaan sistem blockchain. Pengembang harus mengeluarkan uang untuk menjaga sistem blockchain agar tetap berjalan.

Sistem ini juga memerlukan daya listrik yang cukup besar, dan memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk membayar tagihan listrik tersebut. Sisi inilah yang semakin membuktikan bahwa Bitcoin bukanlah mata uang yang memiliki nilai palsu.

4. Mudah Berpindah Tangan atau Kepemilikan

Nilai guna suatu mata uang juga dipengaruhi oleh perpindahan kepemilikan mata uang tersebut. Selain itu, dalam sistem uang fiat, suatu unit mata uang harus bisa dikonversikan ke mata uang lainnya agar bisa digunakan untuk transaksi di dalam negeri.

Bagaimana dengan mata uang Bitcoin, apakah syarat mata uang untuk bisa lihat nilai Bitcoin bisa dipenuhi pada sisi mudah berpindah kepemilikan? Jawabannya tentu saja iya. Sebagai mata uang digital, Bitcoin memang tidak bisa berpindah secara fisik.

Namun dengan adanya aplikasi – aplikasi pihak ketiga yang memiliki fungsi sebagai dompet digital, alat konversi, alat transaksi, dan lain sebagainya. Nilai aset pada Bitcoin bisa dengan mudah dipindahkan dengan sistem digital.

5. Sifat Durabilitas

Sifat mata uang selanjutnya sebagai syarat mata uang untuk bisa lihat nilai Bitcoin, adalah sifat durabilitas. Yaitu sifat ketahanan dalam jangka panjang. Uang konvensional dalam bentuk koin maupun kertas bisa saja mengalami kerusakan karena penggunaan yang lama.

Namun fungsi bank sentral adalah terus melakukan pembaharuan uang yang rusak agar terus memiliki nilai dalam jangka waktu yang lama. Mata uang fiat yang rusak akan dimusnahkan oleh bank sentral dan kemudian diganti dengan yang baru.

Dalam sistem Bitcoin, syarat mata uang untuk bisa lihat nilai Bitcoin pada sisi durabilitas memiliki perbedaan dengan mata uang konvensional. Bitcoin tidak memiliki bentuk fisik, karena berbasis digital. Oleh karena itu, kepingannya tidak akan hancur.

Bitcoin juga tercatat di dalam jaringan blockchain yang hanya bisa diakses menggunakan kata sandi akun yang dimiliki oleh pemilik akunnya. Bitcoin akan musnah jika pemilik akun lupa kata sandinya.

6. Tidak Dapat Dipalsukan

Kita kerap mendengar adanya mata uang palsu yang diedarkan secara ilegal. Padahal, suatu mata uang seharusnya tidak mudah dipalsukan, karena akan memengaruhi keseimbangan penawaran dan permintaan mata uang itu sendiri.

Syarat mata uang untuk bisa lihat nilai Bitcoin juga bisa dilihat dari sifat Bitcoin yang tidak dapat dipalsukan karena adanya sistem pengamanan dari blockchain. Karena berbasis digital, pengamanannya dilakukan dengan penjagaan data transaksi Bitcoin.

Berdasarkan informasi di atas mengenai syarat mata uang untuk bisa lihat nilai Bitcoin, maka bisa disimpulkan bahwa Bitcoin memenuhi syarat – syarat untuk dikategorikan sebagai mata uang. Bitcoin menjadi salah satu ciri perkembangan teknologi digitalisasi keuangan.

Jika kamu ingin lebih memahami bagaimana sistem nilai mata uang di dalam Bitcoin, kamu harus memperbanyak informasi mengenai Bitcoin, salah satunya dengan mengikuti kelas pelatihan untuk menjadi trader Bitcoin handal di https:crypstocks.co.id/

Crypstocks menyediakan kelas pelatihan menjadi trader cryptocurrency dengan berbagai pilihan kelas. Mulai dari Private Group dengan harga 3 – 10 Juta, Newsletter dan Advance 500 ribu, Intermediate 350 ribu, dan Beginner 150 ribu saja.

 

Jika ingin mengetahui informasi selengkapnya terlebih dahulu dapat menghubungi admin di nomor Whatsapp +6282261100707.


Share on:


Add Comment

Chat Here!