Simak Nih Biaya Gas Fee Ethereum dan Strategi Transaksi Terbaik !

Admin
01 Desember 2021
Artikel | 217 0

Simak Nih Biaya Gas Fee Ethereum dan Strategi Transaksi Terbaik ! | Crypstocks
Simak Nih Biaya Gas Fee Ethereum dan Strategi Transaksi Terbaik !

 

Untuk melakukan transaksi atau menyusun suatu kontrak pada sistem blockchain Ethereum maka anda perlu membayar biaya Gas Fee Ethereum setiap kali melakukan transaksi. Nah apa itu Gas Fee Ethereum? Maka simaklah penjelasannya disini.

Biaya Gas Fee Ethereum

Gas Fee Ethereum bisa dikatakan sebagai biaya transaksi yang ada di dalam sistem Ethereum yang digunakan untuk mengalokasikan sumber daya dari mesin virtual Ethereum. Hal ini berguna agar aplikasi terdesentralisasi yang berada pada sistem Ethereum bisa berjalan aman dan mandiri.

Tarif atau biaya Gas Fee ini ditunjukkan pada sistem penawaran dan permintaan antara pihak penambang dengan pengguna jaringan Ethereum. Hal ini dilakukan dalam proses lelang. Tarif yang dikenakan biasanya dihitung dalam satuan Gwei, Gwei sendiri adalah bagian dari Ether (aset kripto resmi dalam jaringan Ethereum).

Bagaimana Sistem Gas Fee Pada Ethereum?

Lebih lanjut lagi, Gas Fee ini bisa juga dikatakan sebagai biaya kompensasi pengguna untuk energi komputasi yang dibutuhkan penambang dalam proses validasi transaksi pada jaringan Ethereum. 

Penambang Ethereum memiliki hak untuk menerima ataupun menolak tawaran Gas Fee dari pengguna, oleh karena itu jika tawarannya rendah maka penambang enggan melakukan transaksi, begitupun sebaliknya.

Anda juga perlu memahami gas limit, yaitu jumlah maksimum energi (gas) yang harus dikeluarkan oleh pengguna setiap melakukan transaksi. Agar Gas Fee semakin murah maka pengguna harus melakukan banyak transaksi pada sistem Ethereum.

Berapa Tarif Gas Fee Pada Ethereum?

Tarif Gas Fee sendiri bisa dikatakan cukup tinggi atau tidak murah. Nilai Gas Fee bisa melonjak tinggi sewaktu - waktu. Misalkan saja pada saat maraknya ICO di tahun 2017 dan ledakan DeFI pada tahun 2020 lalu, dan beberapa kondisi lain yang mengakibatkan tarif Gas Fee melonjak sangat tinggi.

Semakin tinggi nilai Gas Fee Ethereum maka pengguna jasa keuangan desentralisasi pada sistem Ethereum akan menurun. Oleh karena itu, Ethereum juga melakukan cara agar biaya gass Fee tidak semakin naik dengan melakukan pembaharuan pada sistemnya.

Kapan Tarif Gas Fee Ethereum Rendah?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa tarif Gas Fee Ethereum bisa melonjak tinggi sewaktu - waktu, artinya ada titik atau waktu tertentu yang biasanya tarif Gas Fee tidak terlalu tinggi. Ini adalah perkiraan waktu terbaik untuk melakukan transaksi pada Ethereum.

Tarif Gas Fee biasanya melonjak saat waktu - waktu sibuk karena pengguna banyak melakukan transaksi pada jaringan Ethereum. Untuk di Indonesia, waktu paling sepi adalah tengah malam hingga jam 11.00 - 15.00 WIB. 

Waktu tersebut didasarkan pada perbandingan waktu di AS, dimana orang - orang sedang tertidur. Dan pada wilayah Eropa orang baru mau memulai hari. Sedangkan pada wilayah Asia, orang baru saja menyelesaikan hari kerjanya.

Berdasarkan perkiraan tersebut maka waktu terbaik melakukan transaksi dengan kemungkinan Gas Fee Ethereum rendah yaitu pada waktu weekend. Sedangkan biasanya tarif Ethereum naik saat jaringan sibuk pada hari Selasa hingga Kamis.

Kesimpulan

Demikian informasi mengenai biaya Gas Fee Ethereum yang harus anda bayarkan setiap anda melakukan transaksi. Oleh karena itu, dalam melakukan transaksi uang digital ini anda harus mengetahui strategi terbaik agar mendapatkan profit atau keuntungan.

Untuk mengetahui bagaimana strategi melakukan investasi dana digital pada cryptocurrency maka anda bisa bergabung pada http://crypstocks.co.id/ yang akan memberikan panduan kepada anda bagaimana cara menjadi investor digital yang andal dan mendapatkan banyak profit.


Baca juga :  Cara Jual Beli Crypto Yang Sudah Dijamin akan Aman 

Mau Belajar Crypto, Blockchain, dan Bitcoin Dengan Kurikulum Lengkap dari Pemula sampai Advance? 

Daftar sekarang juga klik disini.
 


Share on:


Add Comment

Chat Here!