Penggunaan On-Chain Analysis dalam Crypto Biar Bisa Membaca Trend

Admin
30 Maret 2022
Artikel | 145 0

Penggunaan On-Chain Analysis dalam Crypto Biar Bisa Membaca Trend | Crypstocks
Penggunaan On-Chain Analysis dalam Crypto

Penggunaan on-chain analysis dalam crypto secara maksimal dapat mendatangkan banyak sekali keuntungan bagi kalangan investor. Tentunya sebelum Anda melakukan aktivitas trading pastinya harus paham dengan berbagai macam analisis yang sudah tersedia di sini.

Pemahaman tersebut memang diperlukan supaya tiap pengambilan keputusan harus berdasarkan pada riset maupun prediksi harga di masa yang akan datang.

Analisis on-chain ini merupakan sebuah metode analisa yang kadang dilakukan oleh para trader profesional, yang membedakan dengan jenis analisis lainnya agar dapat membacar pasar kripto maupun pasar saham.

Pada dasarnya, metode analisis ini pun dilakukan berdasarkan pada kumpulan informasi tentang transaksi suatu aset tertentu. Adapun informasi yang dimuat seperti halnya outflow volume dan juga inflow volume.

Tata Cara Penggunaan On-Chain Analysis dalam Crypto

Untuk bisa melakukan analisis penggunaan on-chain analysis dalam bidang crypto ini, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan oleh para trader atau investor, antara lain :

1.      Dalam penggunaan on-chain analysis dalam crypto Anda harus memperhatikan siapa saja pelaku di dalam jaringan aset kripto yang sedang ingin diamati perilakunya, bisa saja bursa kripto, para penambang, investor dan yang lainnya.

2.      Lalu, ada juga faktor pendorong dan insentif, di dalamnya meliputi pendapatan, laba dan rugi maupun akumulasi sats.

3.      Terakhir, bagaimana langkah pengambilan keputusan di dalam blockchain, seperti jumlah biaya yang mesti dibayarkan, volume transaksi, saldo dompet wallet dan lainnya.

Agar dapat membaca analisis on-chain ini, Anda dapat gunakan website ternama, seperti Look Into Bictoin maupun Glassnode. Penggunaan on-chain analysis dalam crypto ini sangat berguna sekali agar dapat mengetahui sentimen pasar kripto beserta perilaku para investornya.

Saat jumlah volume transaksi dan active address mengalami kenaikan, artinya jaringan blockchain pun memang sedang masa pertumbuhan di kalangan penggunanya. Pertumbuhan pengguna ini bisa berakibat pada kenaikan harga koin kripto blockchain loh.

Beberapa Hal yang Diukur dalam On-Chain Analysis

Di dalam penggunaan on-chain analysis dalam crypto ada banyak sekali metrik yang dapat dibaca oleh para investor, seperti halnya membaca situasi pasar kripto dan yang lainnya. Selama blockchain ini bersifat publik, maka Anda dapat membaca on-chain analysis, seperti halnya data on-chain tiap koin kripto.

Jumlah transaksi vs Alamat aktif

Proses untuk mencari tahu besaran jumlah transaksi dengan jumlah alamat aktif, maka bisa disimpulkan secara sederhana bila jumlah alamat aktifnya mengalami peningkatan dan jumlah transaksinya ikut naik, kondisi tersebut memungkinkan harga mengalami kenaikan.

Loss or unrealized profit 

Loss or unrealized profit ini ialah metrik yang bisa melihat keuntungan serta kerugian para investor mata uang kripto. Cara menghitungnya pun cukup sederhana, Anda kurangi harga realized value dengan harga pasar. Bila Anda melihat UPL, maka dapat mengetahui sentimen psikologi pasar.

Reserve risk

Dalam penggunaan on-chain analysis dalam crypto juga ada yang namanya reserve risk. Reserve risk ini merupakan indikator siklus yang dapat melacak keseimbangan antara ganjaran relatif-risiko pada keyakinan dan kepercayaan jangka panjang para investor.

Jika harga sedang rendah namun reserve risk menunjukkan angka rendah juga, maka waktu yang tepat untuk berinvestasi. Tetapi, bila harga sedang tinggi dan reserve risknya menunjukkan angka tinggi juga, maka bukan waktu yang pas untuk berinvestasi.

Puell multiple

Puell mutliple ini merupakan suatu cara agar bisa menilai periode waktu saat nilai dari aset kripto terlalu besar atau pun sebaliknya, dibandingkan dengan nilai secara keseluruhan.

Hal ini justru baik untuk para investor yang paham dengan periode waktu tersebut. Cara menghitungnya pun sangat mudah dengan Anda lihat perbandingan antara jumlah nilai dari mata uang kripto yang sudah dikeluarkan tiap hari, lalu dibagi dengan 365 moving averages.

Anda bisa mengikuti kelas yang ada di Crypstocks untuk lebih mengenal bagaimana cara penggunaan on-chain analysis dengan benar dan sesuai. Anda bisa langsung menghubungi kami lewat no WA Admin Crypstocks +6282261100707.

Penggunaan on-chain analysis dalam crypto memang sangat sesuai untuk didalami dengan cara Anda ikuti kelas eksklusif yang tersedia langsung di website www.cryptostock.co.id sekarang juga.

 

Baca juga : Belajar Crypto Dengan Ahlinya

Mau Belajar Crypto, Blockchain, dan Bitcoin Dengan Kurikulum Lengkap dari Pemula sampai Advance? 

Daftar sekarang juga klik disini.


Share on:


Add Comment

Chat Here!