Pelajari Cara Analisis Saham Kripto Bareng Crypstocks

Admin
20 September 2022
Artikel | 38 0

Pelajari Cara Analisis Saham Kripto Bareng Crypstocks | Crypstocks
Pelajari Cara Analisis Saham Kripto Bareng Crypstocks

Keuntungan yang cepat dan besar menjadi alasan mengapa trading crypto kini banyak digandrungi. Bagi Anda yang ingin berinvestasi dalam saham Kripto harus mengetahui apa fundamental pentingnya. Fundamental dalam kripto adalah nilai intrinsik yang bertujuan untuk mengenali mana aset mata uang yang menguntungkan.

Berdasarkan nilai fundamental ini Anda bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membeli. Selain aspek fundamental, Anda juga harus bisa menganalisis saham kripto secara teknikal. Analisis lebih lengkap yang dijabarkan oleh Crypstocks ini bisa Anda simak sampai habis.

6 Macam Cara Menganalisis Saham Kripto

Secara umum ada dua jenis analisis yang bisa jadi tumpuan seorang trader yaitu analisis fundamental dan teknikal. Dalam analisis fundamental lebih mengarah pada faktor internal dan eksternal yang bisa mempengaruhi harga aset.

Analisis teknikal sendiri dibutuhkan untuk mengetahui pergerakan nilai sebuah aset. Dalam analisis teknikal Anda bisa memperhatikan histori harga serta volume transaksi aset. Berikut ini pembahasan lebih lengkap mengenai kedua analisis saham kripto.

 

1. Menganalisis Berdasarkan Volume

Volume dalam kripto menunjukkan besaran trading yang aktif dari sebuah koin tertentu. Misalnya saja ketika terdapat 100 juta USD Bitcoin dengan harga 10.000 USD maka ada 10.000 Bitcoin yang aktif diperdagangkan.

Ketika volumenya meningkat menjadi pertanda yang bagus karena mudah untuk diperjual belikan. Sedangkan ketika volume rendah maka Anda perlu menunggu lama untuk menjualnya karena cukup sulit mendapatkan pembeli.

Analisa menggunakan volume ini sangat bagus untuk mengenali apakah coin tersebut sehat. Hal ini berhubungan erat dengan likuiditas pasar karena ketika populer maka likuiditas akan semakin tinggi dan bagus dijadikan investasi.

Sayangnya analisa dengan volume saham kripto ini harus diperhatikan dengan lebih mendetail karena kerap terjadi manipulasi atau wash trading. Penting untuk mempelajari sejarah market dan statistiknya untuk menemukan manipulasi.

 

2. Menganalisis dengan Market Cap

Market capitalization atau market cap merupakan matrik yang akan memperlihatkan nilai aset di pasar. Secara umum perhitungannya menggunakan harga trading akhir dikalikan suplai coin.

Contoh ketika trading Bitcoin sebesar 10.000 USD dikalikan 16,4 juta coin yang beredar maka market cap-nya bernilai 164 miliar USD. Ada empat klasifikasi market cap yakni large cap yakni mata uang kripto dengan kapitalisasi pasar lebih dari 10 miliar USD.

Kedua, midcap yakni mata uang kripto yang kapitalisasi pasarnya 1 miliar hingga 10 miliar USD. Ketiga, small cap yaitu mata uang kripto yang kapitalisasi pasar antara 100 juta hingga 1 miliar USD. Terakhir micro-cap yakni kapitalisasi pasar kurang dari 50 juta USD.

Di antara keempat ini, small cap memiliki sifat yang fluktuatif sehingga risikonya tinggi. Sedangkan mid cap potensi keuntungan paling tinggi dengan risiko yang sebanding. Sama seperti analisis sebelumnya, market cap juga bisa dimanipulasi jadi Anda tetap harus berhati-hati dan memahami saham kripto dengan betul.

 

3. Menganalisa dengan Memperhatikan Suplai

Anda juga bisa memperhatikan soal suplai total dan suplai yang beredar. Keduanya merupakan metrik paling umum untuk menetapkan coin. Suplai beredar artinya coin yang ditambah atau didistribusikan.

Pengertian suplai total adalah suplai maksimal dengan rujukan jumlah total coin dengan kode atau script. Contohnya sempat beredar 16,4 juta Bitcoin dengan suplai maksimum 21 juta. Ketika membagi keduanya maka akan diketahui berapa jumlah coin yang telah ditambang.

Berarti perhitungannya menjadi 16,4 juta : 21 = 0,78 jika diubah menjadi persentase adalah 78%. Itu artinya persediaan Bitcoin semakin menipis karena terlalu banyak yang sudah ditambah yang mengakibatkan harga saham kripto lebih mahal.

4. Menganalisis Pergerakan Pasar

Ketiga cara analisis di atas termasuk unsur fundamental karena berhubungan dengan metrik untuk mengetahui pergerakan harga. Selanjutnya adalah analisis secara teknikal yakni pergerakan pasar.

Secara umum terjadi tiga pergerakan harga yakni menyamping, naik atau turun. Apabila harga menunjukkan tanda-tanda menyamping maka prediksinya pasar akan semakin liar. Pada saat inilah sebaiknya Anda menahan diri untuk melakukan transaksi.

Sedangkan jika harga saham kripto turun maka Anda perlu bersiap untuk membeli ketika muncul koreksi. Pada saat harga menandakan ciri kenaikan maka Anda juga bisa membelinya dan baru menjual ketika harga sangat tinggi.

 

5. Menetapkan Target Harga dengan Tepat

Anda juga bisa menganalisa berdasarkan target harga yang sudah ditetapkan secara tepat. Selama ini ada dua jenis batas harga yakni support yaitu batas harga bawah dari aset. kedua adalah resistance yakni batas atas harga saham kripto.

Secara umum ketika berada di batas harga support maka bisa dijadikan sebagai titik pembelian. Saat terjadi resistance maka Anda bisa melepaskan aset.

 

6. Melakukan Konfirmasi

Terjadinya wash trading wajib diperhatikan agar terhindar dari manipulasi. Oleh karena itu sebelum melakukan transaksi saham kripto Anda perlu melakukan konfirmasi. Kecenderungan kenaikan atau penurunan harga selalu ada penyebabnya yang bisa diketahui dengan berbagai cara.

Salah satunya dengan menilik ke bagian histori, mencermati pola candlestick dan bagaimana kecenderungan pasar. Konfirmasi ini harus dilakukan secara detail supaya tidak terjadi kesalahan pembelian.

Masih banyak cara analisa dan penerapannya yang bisa langsung Anda praktekkan. Jika ingin tahu apa saja analisis yang tepat Anda bisa mengikuti crypstocks.co.id.

 

Belajar Analisis Saham Kripto di Crypstocks.co.id

Perlu kesabaran, memperluas pengetahuan dan praktek jika ingin berhasil dalam investasi cryptocurrency. Saat ini crypstocks.co.id bisa menjadi solusi Anda untuk memperdalam pengetahuan dalam dunia saham kripto.

Di sini Anda bisa mengikuti kelas yang sudah disediakan, mulai dari pemula hingga tingkat mahir. Pilihan kelasnya adalah sebagai berikut:

 

1. Kelas Beginner

Anda yang masih pemula bisa mengikuti kelas ini dan dapatkan panduan dasar-dasar tentang blockchain, gas fee dan masih banyak yang lainnya.

 

2. Kelas Intermediate

Sudah lancar mengenai Bitcoin, cryptocurrency dan dasar-dasar blockchain? Anda bisa mengikuti kelas intermediate dan mempelajari soal NFT, Technical Sentimen, Defi dan masih banyak lagi.

 

3. Kelas Advance

Khusus Anda yang sudah mempersiapkan modal besar bisa langsung mengikuti kelas advance. Anda bisa belajar dengan lebih komprehensif dengan tools premium dan analisis yang lebih mendetail.

 

Crypstocks.co.id juga menawarkan kelas private group yang sudah dilengkapi dengan modul belajar lengkap dan mentoring secara private. Anda bisa ajak teman untuk sama-sama mempelajari seluk beluk saham kripto hingga mahir.

 

Investasi di mata uang cryptocurrency memiliki risiko yang cukup tinggi sehingga berbeda dengan instrumen investasi konvensional. Belum ada regulasi dalam investasinya sehingga Anda harus lebih berhati-hati dan harus melakukan analisa yang lebih baik.

 

Jangan lupa tanamkan juga konsep investasi yang benar sebelum menerapkan cara analisis di atas. Mempelajari lebih jauh soal saham kripto di crypstocks.co.id bisa jadi solusi agar Anda cepat mahir.

Jika ingin mengetahui informasi selengkapnya terlebih dahulu dapat menghubungi admin di nomor Whatsapp +6282261100707.

Baca juga : Belajar Membaca Grafik Kripto Bagi Pemula

 

 


Share on:


Add Comment

Chat Here!