Mindset Trading Buat Pemula yang Seringkali Dilewatkan

Admin
21 September 2021
Artikel | 210 0

Mindset Trading Buat Pemula yang Seringkali Dilewatkan | Crypstocks
Trading Buat Pemula

Mindset Trading Buat Pemula yang Seringkali Dilewatkan

Permasalahan trading buat pemula yang sering terjadi adalah mindset. Pola pikir terhadap memahami trading menjadi titik penting bagaimana keputusan akan diambil. Ada banyak contoh keputusan tidak tepat karena pola pikirnya tidak tepat.

Trading sebenarnya bukanlah kegiatan baru, tetapi populer akhir – akhir ini seiring dengan berkembangnya berbagai perangkat aplikasi broker digital. Kemudahan dalam bertransaksi, membeli aset, dan menjualnya kembali menjadikan aktivitas ini sangat populer.

Popularitasnya semakin meningkat seiring dengan banyaknya influencer yang membicarakan tentang tradingnya. Ditambah lagi, iming – iming keuntungan dalam waktu singkat menjadi pemicu munculnya banyak trader – trader milenial baru.

Perbaiki Mindset Trading buat Pemula

Meningkatnya minat generasi milenial terhadap pasar modal menunjukkan keseriusan dalam mengelola keuangannya. Namun hype menjadi investor atau trader tidak dibarengi dengan pengetahuan dan pola pikir yang tepat, akibatnya menimbulkan beberapa masalah.

1.      Pahami Bahwa Trading Tidak Sama Dengan Keuntungan

Banyaknya informasi media sosial mengenai keuntungan menjadi seorang trader atau mudahnya mendapatkan jutaan rupiah dalam waktu singkat, menjadi pemicu utama munculnya mindset ini. Milenial cenderung melihat segalanya dari sisi profit dan keuntungan.

Iming – iming tersebut akhirnya memunculkan perilaku gegabah, seperti menggunakan uang hangat untuk trading. Padahal yang terjadi tidak hanya profit, tetapi juga rugi. Karena dalam sebuah investasi, untung besar sepadan dengan risiko yang besar juga.

Pemahaman seimbang tentang potensi keuntungan dan potensi risiko bisa membantu menyusun strategi yang lebih tepat. Terlebih apabila ingin masuk ke sektor kripto, untungnya bisa berkali – kali lipat, tetapi ruginya juga bisa berkali – kali lipat.

2.      Semua Tentang Analisis Bukan Keberuntungan

Mempelajari tentang grafik dan bagaimana cara kerjanya tentu sangat melelahkan, karenanya terkadang beberapa trader cenderung mengandalkan keberuntungan semata. Banyaknya pilihan saham atau crypto cenderung membingungkan, terlebih bila masih pemula.

Selain itu juga beranggapan bahwa meskipun mempelajari berbagai jenis teknik, tetap saja masa depan tidak bisa diketahui. Memang benar, tetapi tanpa analisis tentu saja pilihannya menjadi tidak sangat acak dan tidak bisa terprediksi arahnya.

Pembacaan dan berbagai analisis yang menyertainya, membantu melihat bagaimana performa suatu aset di market. Sehingga meskipun tidak benar – benar mengetahui arah pergerakannya secara tepat, tetapi setiap keputusan ada pertanggungjawabannya.

3.      Trading Bukan Sumber Pendapatan

Mindset trading buat pemula yang harus ditanamkan kuat adalah trading bukan sumber pendapatan stabil. Memang melalui tradingnya, ketika mendapatkan profit bisa menambah modal, tetapi menggantungkan pendapatan hanya dari trading cenderung berisiko.

Akan lebih baik apabila tetap mengandalkan berbagai sumber pendapatan lainnya, seperti investasi saham, emas, atau crypto. Begitu juga, ketika usia masih muda, mencari peluang mendapatkan penghasilan tambahan bisa lebih produktif dan aman.

4.      Hindari Sikap Rakus dan Tergesa – Gesa

Rakus dan tergesa – gesa harus dihindari apabila ingin melakukan trading dan profit besar. Fokuslah pada tujuan finansial, apabila sudah memasang target untung sekian, maka harus segera mengeksekusinya. Begitu juga ketika posisi sedang rugi, pertimbangkan dengan matang.

5.      Harus Terus Belajar

Mindset terakhir ini sering dilupakan, terkadang ketika untung terus menerus, cenderung menggunakan pengalamannya sebagai pijakan mengambil keputusan. Begitu juga ketika rugi terus, muncul rasa pesimis dan tidak sedikit orang yang akhirnya berhenti.

Kondisi demikian bisa diatasi ketika ada pemahaman agar terus belajar. Perkembangan media digital sangat masif, ada banyak yang harus dipelajari. Termasuk komoditas digital baru berupa crypto currency, keberadaannya kini sangat diminati masyarakat.

Belajar dan terus belajar tentu akan membiasakan diri agar semakin memahami pola dan strategi tradingnya. Sehingga ketika trading, peluang profitnya jauh lebih besar dibandingkan kerugiannya. Ikuti kelas Crypstocks untuk menemani belajar trading buat pemula secara lengkap.

 

Baca juga : Belajar Cara Memilih Crypto yang Benar

 Mau Belajar Crypto, Blockchain, dan Bitcoin Dengan Kurikulum Lengkap dari Pemula Sampai Advance? 

Daftar Sekarang:
www.crypstocks.co.id/courses


Share on:


Add Comment

Chat Here!