Mengenal Blockchain Dan Rekomendasi Kursus Blockchain Indonesia Terpercaya

Admin
23 Agustus 2021
Artikel | 269 0

Mengenal Blockchain Dan Rekomendasi Kursus Blockchain Indonesia Terpercaya | Crypstocks
Kursus blockchain Indonesia terpercaya

 

Belakangan ini banyak orang mencari tempat kursus blockchain Indonesia terpercaya. Tapi tidak semua orang sudah memahami pengertian, cara kerja, keunggulan, dan pro kontranya. Oleh karena itu, artikel ini akan memberimu penjelasan lengkap tentang blockchain.

Mengenal Lebih Dalam Kursus Blockchain Indonesia Terpercaya

Sebelum membahas tentang rekomendasi kursus blockchain, ada baiknya kita mengenal lebih dalam apa itu blockchain. Istilah Blockchain itu dikenal sebagai sebuah teknologi yang digunakan untuk penyimpanan data digital, dan dihubungkan menggunakan kriptografi.

Jika dilihat dari susunan katanya, blockchain terdiri dari 2 kata, yaitu kelompok untuk mewakili block, dan chain berarti rantai. Hal ini menggambarkan bahwa cara kerja blockchain dengan membuat blok yang saling terhubung, tujuannya agar dapat mengeksekusi transaksi.

Blockchain ditemukan oleh sekelompok orang cerdas, yang membawa nama samaran Satoshi Nakamoto. Dan sejak saat itu, blockchain terus meledak dan berkembang di semua kalangan masyarakat Indonesia.

Blockchain banyak dimanfaatkan pada bidang keuangan atau finansial. Dalam sektor keuangan, teknologi blockchain diibaratkan sebagai buku kas digital yang memungkinkan siapa saja mengakses, tanpa perlu persetujuan bank.

Jadi bisa dipastikan teknologi ini sangat berguna meningkatkan transparansi dan membuat transaksi menjadi lebih aman. Tidak hanya itu, teknologi blockchain juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi potensi penggelapan.

Pada tahun 2018, McKinsey membuat tabel peluang blockchain. Tabel tersebut menunjukkan bahwa pemanfaatan blockchain tidak hanya dalam bidang finansial. Bidang lain juga bisa memanfaatkan teknologi ini, seperti sektor media, telekomunikasi, medis, pertanian, hingga properti.

Setelah mengenal blockchain secara umum, bagian selanjutnya akan dibahas keunggulan teknologi blockchain. Kira-kira apa saja keunggulan teknologi ini ya? yuk simak penjelasan berikut.

 

Keunggulan Teknologi Blockchain Yang Harus Kamu Ketahui

Keunggulan pertama dari teknologi blockchain yaitu sistem yang transparan. Teknologi blockchain ini mampu menyimpan histori transaksi, sehingga histori tersebut aman dan menjadi lebih transparan.

Dikatakan transparan, karena blockchain memiliki sistem yang memungkinkan public mengakses histori transaksi, tanpa harus memiliki akses log in. Pola ini berbeda dengan sistem perbankan, sebab uang yang dimiliki dan disimpan oleh nasabah tidak bisa digunakan oleh perusahaan finansial tanpa sepengetahuan customer.

Keunggulan kedua dari teknologi blockchain yaitu memiliki proteksi data yang lebih baik, karena sudah diverifikasi oleh para penambang sebelum diakses oleh banyak perangkat.

Dengan memanfaatkan teknologi blockchain, database tidak mudah dihack atau social engineering untuk mengubah data. Sebab, struktur database blockchain dibuat append only atau orang lain tidak diizinkan untuk mengedit.

Keunggulan ketiga dari teknologi blockchain yaitu sistem audit yang lebih baik. Dengan teknologi blockchain, maka potensi penggelapan tidak ada sama sekali. Sebab, data transaksi bersifat publik, immutable (tidak bisa diedit dan tidak bisa dihapus), dan append only (hanya bisa ditambahkan).

Dengan teknologi blockchain juga memungkinkan setiap orang bisa melihat dan melacak data transaksi. Sehingga memudahkan setiap pihak mengetahui jejak audit sebuah aset. Dengan begitu, potensi penggelapan, penyelewengan, dan korupsi bisa dimusnahkan.

Keunggulan keempat dari teknologi blockchain yaitu meminimalisir bahkan menghilangkan calo. Dengan adanya middleman atau calo, maka biaya transaksi akan bertambah. Tapi dengan blockchain, maka peran middleman semakin tidak relevan, karena semua proses transaksi diarahkan pada satu database yang bersifat immutable.

Itulah keunggulan yang dimiliki teknologi blockchain. Bagian selanjutnya akan dibahas tentang pilar-pilar teknologi blockchain sehingga bisa mendapat pengakuan luas.

 

Sifat Utama Teknologi Blockchain

Sifat teknologi blockchain yang membuatnya disenangi banyak khalayak yaitu sistemnya desentralisasi. Dalam sistem ini, memungkinkan semua orang bisa mengakses informasi, karena informasi tidak disimpan oleh entitas tunggal.

Dengan sifat ini, Kamu tidak membutuhkan pihak ketiga untuk membantu Kamu bertransaksi dengan orang lain. Kamu bisa mengirim uang tanpa harus melalui bank, itulah ideologi utama teknologi blockchain.

Sifat blockchain lain yang membuatnya disenangi banyak kalangan yaitu sistemnya yang transparan. Tapi masih banyak orang yang salah kaprah mengartikan transparan, orang-orang menilai transparansi dapat mengusik data privasi. Padahal, dengan adanya kriptografi yang kompleks, maka data seseorang bisa disembunyikan dan hanya diwakili alamat publik mereka. Jadi Kamu tidak perlu khawatir tentang kebocoran data privasi.

Meskipun identitas seseorang aman, tenang saja Kamu masih bisa melihat semua transaksi yang dilakukan oleh alamat publik mereka. Teknologi transparansi jenis ini belum ada dalam sistem keuangan apapun. Oleh karenanya, teknologi blockchain ini sangat dibutuhkan oleh lembaga keuangan saat ini.

Lembaga keuangan akan sangat terbantu apabila mengimplementasikan penggunaan teknologi blockchain. Karena, blockchain berpotensi memotong perantara, karena komputasi pribadi memungkinkan masyarakat untuk mengakses dengan Graphical User Interface (GUI).

Tidak melebih-lebihkan, blockchain ini benar-benar mampu membawa semua orang ke arah tingkat akuntabilitas tinggi. Kesalahan transaksi, kesalahan manusia atau mesin, bahkan kekeliruan bisa dihilangkan dengan teknologi blockchain.

Tidak hanya itu, teknologi blockchain membantu menjamin validitas suatu transaksi, karena tercatat pada sistem registrasi yang terhubung dan semuanya melalui validasi yang aman. Jadi tak heran, teknologi ini digemari perusahaan finansial.

 

Mengenal Cara Kerja Blockchain

Ketika data baru masuk pada sebuah blok, data tersebut akan ditambahkan ke blockchain. Agar terjadi proses tersebut, ada 4 hal yang harus ada:

  1. Harus ada transaksi yang masuk.
  2. Transaksi yang masuk sudah terverifikasi.
  3. Transaksi tersebut tersimpan dalam satu blok.
  4. Blok menerima hash (kode pengidentifikasi unik).

Jika dalam blockchain dimasuki blok baru, maka otomatis blok tersebut bisa dilihat oleh siapa saja. Apabila blockchain berada di titik kembali, maka Kamu memiliki akses data transaksi, juga tentang kapan, di mana, dan oleh siapa blok tersebut.

Teknologi ini memiliki potensi dapat melakukan metode pembayaran lintas batas tradisional yang lebih cepat dan murah. Tidak hanya itu, biaya pengiriman uang tidak lebih besar dari 20%, serta prosesnya dijamin lebih cepat dan real time.

Namun, blockchain masih memiliki tantangan, yaitu terkait regulasi pada beberapa belahan negara. Regulasi yang alot ini dikarenakan masalah keamanan yang masih dipertanyakan dari teknologi blockchain ini.

Meskipun begitu, teknologi blockchain ini jelas-jelas dapat meminimalisir terjadinya penggelapan, korupsi, dan penyelewengan. Sebab, sistemnya yang memungkinkan semua orang bisa melihat dan mengakses data transaksi. Tentu sistem semacam ini dibutuhkan oleh perusahaan finansial atau keuangan.

Untuk Kamu pemula yang ingin mengetahui lebih banyak tentang blockchain, bisa mengambil kursus blockchain Indonesia terpercaya. Tidak perlu khawatir, tempat kursus ini menyediakan banyak pilihan kelas, yang disesuaikan dengan kemampuan Kamu. Mulai dari kelas beginner yang hanya dipatok harga mulai dari Rp 150 rb, kelas intermediate, kelas advance, bahkan private group. Tempat kursus ini cocok untuk siapapun, mulai dari pemula bahkan investor besar atau profesional. Informasi lebih jelasnya, Kamu bisa menghubungi kontak di bawah ini.

 

Baca juga : Kursus Kelas Crypto Online Terbaik, Auto Cuan!!! 

 Mau Belajar Crypto, Blockchain, dan Bitcoin Dengan Kurikulum Lengkap dari Pemula Sampai Advance? 

Daftar Sekarang:
www.crypstocks.co.id/

 


Share on:


Add Comment

Chat Here!