Kursus Online Tentang Dunia Seputar Kripto

Admin
25 Januari 2022
Artikel | 194 0

Kursus Online Tentang Dunia Seputar Kripto | Crypstocks
Kursus Online Tentang Dunia Seputar Kripto

Kursus online tentang dunia seputar kripto – Jaman sekarang semua hal di dunia ini sudah semakin berkembang, tidak terkecuali dengan alat untuk transaksi pembayaran yang mulai menunjukkan banyak perkembangan. Misalnya saja jika ingin berbelanja di internet, kamu sudah tidak perlu lagi memakai mata uang kertas untuk pembayarannya.

Kripto adalah salah satu jenis mata uang berbentuk digital yang saat ini banyak digunakan orang-orang dalam bertransaksi secara online. Lantas apa itu kripto? Nah, jika kamu belum mengetahui jenis, cara kerja, dan kelebihan serta kekurangan kripto, yuk lihat penjelasannya di bawah ini!

Mengenali Kursus Online Tentang Dunia Seputar Kripto

Mata uang kripto (cryptocurrency) merupakan suatu mata uang digital yang digunakan untuk segala macam transaksi virtual dalam suatu jaringan internet. Di dalamnya terdapat sandi-sandi yang bersifat rahasia dan rumit. Di mana sandi tersebut berfungsi dalam menjaga dan melindungi keamanan kripto.

Cryptocurrency sendiri berasal dari 2 gabungan kata, yakni “cryptography” yang artinya kode rahasia, serta “currency” yang artinya mata uang. Pada dasarnya, konsep kripto sendiri telah dikenal pada saat Perang Dunia ke-2. Saat itu Jerman menggunakan kriptografi, supaya saat mengirimkan berbagai kode rahasia tidak gampang diketahui oleh lawan.

Jika mata uang biasa sifatnya terpusat, mata uang jenis ini justru memiliki sifat desentralisasi. Pada suatu transaksi tidak satu pihak yang berperan dan hadir sebagai perantara. Adapun proses pembayaran dengan memakai mata uang ini dilakukan oleh pengirim dan penerima (peer to peer).

Namun, semua proses transaksi yang sudah dilakukan akan tetap dipantau dan dicatat di dalam suatu jaringan kripto. Penambang kripto akan mencatat semua transaksi tersebut dan mendapatkan komisi berbentuk uang digital yang dapat digunakan.

Jenis-jenis kripto

Berikut ini adalah beberapa jenis kripto yang sering beredar di pasaran.

1. Bitcoin

Jenis kripto yang sangat populer ini diciptakan oleh Satoshi Nakamoto di tahun 2009. Pada November 2019, sebanyak 18 juta bitcoin telah diperdagangkan dengan jumlah market value yang mencapai 146 miliar USD. Bahkan hingga kini, 68% dari kripto adalah jenis bitcoin.

2. BitcoinCash

Peluncuran jenis kripto satu ini terjadi karena adanya beberapa pengguna bitcoin yang tidak menyukai peraturan yang ada. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk memisahkan diri dan menciptakan kripto yang baru. Mereka juga mengklaim jika BitcoinCash jauh lebih baik dari bitcoin.

3. Litecoin

Jenis kripto satu ini dapat menciptakan blok baru dengan pergerakan yang lebih cepat. Hal itu membuat proses transaksi menjadi lebih cepat tanpa adanya sistem komputasi yang powerful

4. Feathercoin

Jenis kripto bersifat open source ini diciptakan oleh Peter Bushnell pada April 2013. Feathercoin berada di bawah lisensi MIT/X11 dan mempunyai kemiripan dengan Litecoin.

5. Dogecoin

Jenis kripto yang satu ini terbilang sangat bersahabat, sebab banyak komunitasnya yang memakainya untuk berdonasi, kegiatan amal, serta aktivitas positif lainnya. Jika dibandingkan dengan bitcoin, Dogecoin memiliki nilai yang relatif lebih rendah.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

·         Setiap orang bisa memakai kripto tanpa diikat oleh syarat dan peraturan

·         Transaksi yang berlangsung bersifat transparan

·         Masing-masing pengguna bertanggung jawab dengan mata uang yang dimilikinya

·         Proses transaksinya tergolong cepat

Kekurangan

·         Keberadaan kripto masih ilegal

·         Banyak yang memanfaatkannya untuk tindak kejahatan

·         Jika tidak hafal password, akan beresiko kehilangan uang

Demikianlah penjelasan singkat mengenai dunia kripto yang perlu diketahui. Jika tertarik namun masih bingung memainkannya, yuk kunjungi https://www.crypstocks.co.id/. Di sana kami menyediakan kursus online tentang dunia seputar kripto, yang tentunya akan membuatmu semakin paham dengan kripto.

 

 Baca juga :  Cara Membedakan Coin Micin dan Coin Bagus

Mau Belajar Crypto, Blockchain, dan Bitcoin Dengan Kurikulum Lengkap dari Pemula sampai Advance? 

Daftar sekarang juga klik disini.

 


Share on:


Add Comment

Chat Here!