Kenali Tips Sukses Investasi Cryptocurrency Untuk Pemula Auto Cuan

Admin
25 Agustus 2021
Artikel | 227 0

Kenali Tips Sukses Investasi Cryptocurrency Untuk Pemula Auto Cuan | Crypstocks
Tips sukses investasi cryptocurrency untuk pemula

 

Belakangan investasi mata uang kripto semakin banyak peminat, oleh karena itu artikel ini ingin memberikan tips sukses investasi cryptocurrency untuk pemula. Dalam artikel ini akan dibahas juga tentang kenapa investasi bitcoin menjadi popular dan cara memulai investasi bitcoin.

Tips Sukses Investasi Cryptocurrency Untuk Pemula Aman Dan Pasti Untung

Pada tahun 2021, investasi mata uang kripto terus mengalami peningkatan. Bahkan pelopornya baru-baru ini merilis data, bahwa bitcoin berhasil mencatat rekor dengan nilai Rp 483,54 juta per 3 Januari 2021.

Di masa pandemi seperti ini, masyarakat percaya bahwa bitcoin menjadi satu-satunya investasi yang menjanjikan. Dan fakta menariknya, investasi ini sudah mengantongi izin legal dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Sebelum membahas tipsnya, ada baiknya memahami apa itu aset kripto. Aset kripto merupakan istilah untuk menyebut mata uang digital yang dipakai transaksi. Untuk melindungi keamanan mata uang ini, digunakanlah sandi-sandi rahasia yang rumit. Aset kripto juga dikenal sebagai cryptocurrency, yang terdiri dari 2 kata. Yaitu cryptography yang berarti kode rahasia, dan curreny berarti mata uang.

Berbeda dengan mata uang tradisional, mata uang digital aset kripto bersifat desentralisasi. Yang berarti tidak ada pihak perantara yang berperan dalam suatu transaksi. Pembayaran dengan mata uang ini menggunakan sistem peer to peer yaitu dari pengirim ke penerima. Namun, transaksi tersebut tetap aman karena dipantau oleh jaringan aset kripto.

Aset kripto ini sudah dikembangkan sejak 1990’an, namun baru 10 tahun belakangan namanya dikenal masyarakat global. Di Indonesia sendiri, aset kripto tergolong dalam jenis instrumen investasi baru. Oleh karenanya, perlu pembelajaran khusus tentang aset kripto. Sebelum terjun di bidang ini, sebaiknya Kamu memahami beberapa poin di bawah ini:

  • Memahami jenis aset kripto

Sebelum memulai investasi Kamu harus memahami dengan benar jenis mata uang kripto yang beredar di pasaran. Diantaranya ada Ethereum (ETH), Ripple (XRP), Binance (BNB), Cardano (ADA), Bitcoin (BTC), dan masih banyak lagi. Kamu perlu berhati-hati dalam memilih koin dalam investasi ini, sebab banyak jenis koin baru yang belum popular tapi pergerakannya agresif. Secara profesional, tips ini disebut sebagai analisis fundamental. Merupakan metode pengukuran yang bertujuan untuk mengetahui nilai intrinsik suatu aset. Dengan menganalisis faktor internal dan eksternal, maka dapat ditentukan aset mana yang terlalu overvalued atau undervalued. Saat trading kripto, analisis semacam ini dapat membantu Kamu memahami nilai sebenarnya dari suatu aset.

  • Memilih media exchange legal

Demi keamanan investasi aset, sebaiknya berhati-hati dalam pemilihan media exchange untuk bertransaksi. Media exchange yang legal dan terdaftar resmi di Bappebti cocok untuk dipilih. Saat ini hanya 13 perusahaan yang terdaftar resmi, yaitu PT Crypto Indonesia Berkat, PT Pintu Kemana Saja, PT Rekeningku Dotcom Indonesia, PT Tiga Inti Utama Indonesia, dan lain-lain.

  • Paham analisis teknikal

Memahami analisis teknikal ini sangat penting, karena teknik ini berguna untuk mendapatkan informasi mengenai aksi harga suatu aset. Karena tidak memiliki otoritas lain, analisis teknikal ini sangat penting karena bitcoin hanya bergantung pada penggunanya. Analisis teknikal yang tepat akan membawamu meraup pundi-pundi keuntungan dari trading aset kripto. Dengan analisis teknikal ini, Kamu akan terbantu dengan beberapa petunjuk yang diberikan dalam memprediksi nilai mata uang kripto di masa mendatang. Banyak orang memaknai analisis teknikal ini merupakan sebuah teknik memprediksi pergerakan harga dengan membaca sebuah grafik. Dalam dunia trading crypto, grafik terdiri dari banyak jenis, yang paling mudah dipahami oleh pemula yaitu candlestick. Merupakan tipe grafik umum yang digunakan traders untuk membaca pergerakan harga. Grafik ini banyak dipilih karena tampilannya yang mudah dipahami dan dihiasi beragam warna.

  • Perencanaan

Voladilitas dan resiko yang tinggi, membuat jual beli aset kripto lebih sulit dibanding saham tradisional. Agar terhindar dari kerugian dan kesalahan logika perdagangan, maka buatlah trading plan secara terperinci. Ada 5 fase dalam membangun strategi dalam trading kripto, yaitu identifikasi perdagangan, identifikasi level stop-loss, identifikasi titik keluar, dan menilai imbalan resiko. Saat memasuki perdagangan, maka tempatkan perhentian, kelola stop-loss dan keluar dari perdagangan, evaluasi kinerja dan lihat peningkatan tradingnya.

  • Memperhatikan biaya layanan dan spread

Dalam sistem perdagangan aset kripto, para trader dibebani oleh biaya skema layanan, baik biaya pembelian maupun penarikan. Di Indonesia sendiri, ada exchange yang memberikan flat rate untuk biaya penarikan, seperti Tokocrypto, Pintu, dan Luno. Tapi ada juga yang menggunakan skema pembiayaan sesuai nominal penarikan, seperti di Indodax. Selain biaya layanan, Kamu juga harus memperhatikan spread, secara umum didefinisikan sebagai perbedaan harga order beli tertinggi dengan order jual terendah pada exchange. Bagi investor pemula, biasanya sering terkejut karena selisih antara harga jual dan beli saat transaksi.

  • Tahu kapan harus beli dan jual

Salah satu mengurangi resiko investasi yaitu dengan mengetahui kapan harus membeli dan menjual aset digital. Dengan kata lain, market timing saat penting untuk diperhatikan saat memutuskan untuk terjun dalam dunia trading, khususnya perdagangan aset kripto. Pemula sering kali kesulitan memprediksi pergerakan, karena harga aset kripto yang sangat mudah untuk naik dan turun. Bagi pemula, sebaiknya melakukan pembelian aset digital saat harganya sedang murah.

  • Terus belajar trading aset kripto

Karena trading kripto masih tergolong baru di Indonesia, maka Kamu harus terus mempelajarinya. Untuk memudahkan Kamu mempelajari dunia trading kripto, artikel ini akan merekomendasikan tempat kursus untuk belajar investasi mata uang kripto ini.

 

Rekomendasi Tempat Kursus Cryptocurrency

Kamu yang kesulitan belajar tentang trading kripto melalui internet, sangat disarankan mengambil kelas kursus di sini. Di Crypstocks, Kamu akan belajar dari 0 tentang cryptocurrency, bitcoin, dan blockchain. Jadi tempat kursus ini cocok untuk Kamu yang baru ingin menjajal dunia trading.

Tidak hanya pemula, tempat kursus ini juga cocok untuk Kamu para traders profesional yang ingin terus meningkatkan skill. Karena, Cryptocks menyediakan beberapa level kelas, yang bisa menyesuaikan dengan kemampuan para traders.

Saat ini terdapat 3 level kelas, yaitu kelas beginner yang cocok untuk Kamu yang baru saja memulai dan belum memiliki pemahaman sama sekali sekali tentang kripto. Dan level selanjutnya ada kelas intermediate dan advanced, kelas-kelas ini diperuntukkan untuk Kamu yang sudah memahami tentang dunia trading, tapi tetap ingin meningkatkan skill. Tidak hanya itu, tempat ini juga menyediakan paket khusus untuk private group, agar pembelajaran semakin intensif. Kursus ini akan diajar oleh tenaga profesional yang sudah memiliki Certified Bitcoin Profesional, yaitu Andy.

Itulah beberapa tips sukses investasi cryptocurrency untuk pemula. Untuk lebih jelasnya, Kamu bisa mengambil kelas kursus di Crypstocks.

 Baca juga : Kursus Kelas Crypto Online Terbaik, Auto Cuan!!! 

 Mau Belajar Crypto, Blockchain, dan Bitcoin Dengan Kurikulum Lengkap dari Pemula Sampai Advance? 

Daftar Sekarang:
www.crypstocks.co.id/courses


Tags:

Share on:


Add Comment

Chat Here!