Kelas Analisis Fundamental Crypto

Admin
21 April 2022
Artikel | 179 0

Kelas Analisis Fundamental Crypto | Crypstocks
Kelas Analisis Fundamental Crypto

Bagi seorang trader, melakukan analisis fundamental crypto adalah suatu keharusan. Bahkan ada banyak trader yang sengaja mengambil kelas analisis fundamental crypto agar keputusan yang diambil tepat dan menghasilkan keuntungan.

Keputusan yang tepat tersebut biasanya diambil setelah melalui proses analisis fundamental yang tidak mudah. Oleh karena itu, banyak orang yang rajin mengambil kelas untuk meningkatkan kemampuannya dalam melakukan analisis fundamental crypto.

Hal yang Dapat Dijadikan Aspek Dalam Analisis Fundamental Crypto

Analisis fundamental crypto dilakukan dengan cara melihat semua informasi finansial dan juga teknologi yang digunakan oleh cryptocurrency. Hal inilah yang membuat analisa ini membutuhkan banyak aspek yang harus dianalisa.

Berikut ini merupakan beberapa aspek yang biasanya dijadikan sebagai bahan analisis fundamental dalam crypto. Beberapa aspek tersebut adalah:

1. Kapitalisasi Pasar

Hal utama yang harus dilihat dalam melakukan analisis fundamental crypto adalah melihat kapitalisasi pasar. Kapitalisasi pasar adalah nilai yang dihitung dari jumlah seluruh aset yang beredar di pasaran cryptocurrency.

Menganalisa nilai tersebut sangatlah penting karena seorang trader dapat mengetahui ketertarikan pasar dan bagaimana pertumbuhan crypto. Kapitalisasi pasar ini biasanya dapat dilihat melalui CoinGecko ataupun CoinMarketCap.

Situs tersebut merupakan situs yang biasanya digunakan oleh para trader dan juga investor sebagai rujukan. Bahkan lembaga yang berwenang seperti BAPPEBTI juga menggunakan dua situs tersebut untuk melakukan seleksi terhadap jenis aset crypto yang beredar.

2. Mekanisme Supply

Hal lainnya yang harus dipertimbangkan dalam melakukan analisis fundamental crypto adalah mekanisme dari pasokan koin atau token. Para trader biasanya mengambil keputusan setelah mengamati berapa pasokan maksimum, berapa pasokan yang beredar dan juga tingkat inflasi yang terjadi.

Bahkan melalui perhitungan supply token, Anda dapat memperhitungkan bagaimana ketersediaan suatu aset di pasaran. Hal ini karena mekanisme supply ini sangat berhubungan erat dengan permintaan dan penawaran yang terjadi di dalam pasar.

Perlu diketahui terdapat beberapa jenis koin yang mengurangi jumlah unitnya dari waktu ke waktu. Tujuanya adalah untuk meningkatkan harga penawaran. Semakin sedikit jumlah koin dan permintaannya semakin besar, maka harga koin tersebut akan semakin mahal.

3. Volume dan Likuiditas

Volume trading merupakan suatu indikator yang dapat membantu Anda dalam menentukan likuiditas. Biasanya penentuan ini dilakukan dengan cara mengukur grafik volume perdagangan. Grafik tersebut akan menunjukkan seberapa banyak nilai aset yang telah diperdagangkan dalam jangka waktu tertentu.

Likuiditas adalah sebuah ukuran yang mengukur seberapa mudah sebuah aset dibeli ataupun dijual. Aset yang mudah dijual dikenal sebagai aset likuid. Aset ini tidak akan memiliki masalah jika dijual karena selain pasarnya yang kompetitif, aset ini juga memiliki banyak permintaan dan penawaran.

Dalam analisis fundamental crypto, aset ini dijadikan sebagai indikator minat pasar terhadap suatu aset. Dengan demikian, Anda dapat menentukan untuk membeli ataupun menjual aset tersebut.

4. Proyek yang Sedang Dikembangkan

Anda juga dapat memasukkan proyek yang sedang dikembangkan sebagai aspek dalam analisis fundamental crypto. Cara menganalisisnya adalah dengan melihat apakah pihak pengembang aset dapat memberikan solusi terhadap masalah yang ditimbulkan oleh aset tradisional dan apakah aset dapat menghadirkan nilai baru dalam perekonomian atau tidak.

Cara yang dilakukan adalah dengan melihat apa saja solusi yang ditawarkan. Anda juga dapat menganalisa apakah proyek yang diimplementasikan tersebut dapat menghasilkan sebuah nilai yang menguntungkan atau tidak.

5. Tim Pengembang

Selain proyek apa yang sedang dikembangkan, mengetahui siapa saja tim pengembang adalah salah satu hal yang penting. Tim pengembang sangatlah berpengaruh terhadap kelangsungan sebuah aset crypto yang sedang dikembangkan tersebut.

Anda dapat menganalisa tim pengembang dengan cara melihat siapa pendiri aset tersebut. Kemudian Anda juga wajib mengetahui apa saja programnya dan kepentingan apa yang akan dicapai dalam pengembangan proyek tersebut.

6. Whitepaper

Aset crypto memiliki whitepaper. Hal ini sama dengan prospektus pada pasar modal. Whitepaper ini dapat digunakan untuk mencermati bagaimana perkembangan dalam proses pengembangan proyek token.

Di dalam whitepaper sendiri berisi latar belakang, siapa pendiri projek crypto, bagaimana marketnya dan bagaimana tujuan ke depannya yang akan dicapai. Selain itu, di dalam whitepaper ini juga terdapat tujuan pembuatan crypto, bagaimana penggunaan dana dan berapa besar kuantitas dari crypto yang dikembangkan.

Melalui whitepaper ini, investor ataupun trader dapat melihat bagaimana potensi dari aset yang sedang dikembangkan ini. Jika ingin melihat whitepaper suatu aset, Anda dapat langsung mengunjungi website resmi dari aset tersebut.

7. Komunitas

Hal lainnya yang tak kalah penting dalam dunia crypto adalah komunitas. Komunitas ini biasanya berperan aktif dalam menggerakkan proyek yang sedang dijalankan oleh tim pengembang. Melalui komunitas ini pula, investor ataupun trader dapat melihat tingkat ketertarikan orang-orang terhadap suatu jenis koin.

Investor ataupun trader dapat mencermati apakah terdapat investor lainnya yang mengoleksi aset crypto yang dimaksud dalam jumlah yang besar atau tidak. Investor dapat memperhatikan inovasi yang sedang dikembangkan oleh penyedia token tersebut dan lihatlah respon investor lain terhadap hasil inovasi tersebut.

8. Kehadirannya di Banyak Exchange

Untuk mengetahui reputasi dari sebuah aset crypto, Anda dapat melihatnya dari kehadirannya di banyak exchange. Perlu diketahui bahwa token yang beredar di pasaran dapat berjumlah hingga ratusan ribu. Padahal, hanya 299 token yang diakui oleh BAPPEBTI.

Sisa dari token tersebut dikenal sebagai koin sampah. Koin jenis inilah yang perlu Anda hindari. Koin ini hanya hidup dari dorongan influencer saja dan tidak memiliki fundamental yang kuat.

9. Sentimen Pasar

Investor juga harus memperhatikan sentimen pasar. Investor harus selalu update mengenai berita proyek aset digital yang sedang dikembangkan. Cari tahu bagaimana respon dari pasar dan masyarakat, apakah mengarah kepada hal positif atau negatif.

Selain itu, investor juga harus selalu update mengenai kebijakan pemerintah ataupun suatu kejadian yang mungkin saja mempengaruhi harga aset crypto. Dengan update mengenai berita crypto, investor dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menjual ataupun membeli aset.

Pentingnya Mengikuti Kelas Analisis Fundamental Crypto

Proses analisis fundamental crypto memang terbilang cukup sulit. Ada banyak sekali aspek yang harus diperhatikan dan dianalisa. Jika selah dalam menganalisa, bukan tidak mungkin seorang investor akan salah langkah sehingga mengalami banyak kerugian.

Oleh karena itu, agar tidak salah langkah dalam melakukan analisis fundamental crypto, Anda dapat mengikuti kelasnya yang banyak tersedia secara online. Dengan mengikuti kelas tersebut, kemampuan analisa dapat meningkat seiring berjalannya waktu.

Pilihlah kelas terbaik yang memberikan banyak penawaran. Agar memperoleh kelas terbaik, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu terhadap beberapa kelas yang tersedia di internet. Dengan demikian, Anda dapat memperoleh banyak ilmu mengenai analisis fundamental crypto.

Belajar analisis fundamental crypto memang sangat penting bagi investor ataupun trader. Salah satu jasa kelas analisis fundamental crypto terbaik adalah crypstocks.co.id/. Selain kelas analisis fundamental, terdapat kelas lainnya seperti dasar blockchain, NFT, dan masih banyak kelas lainnya. Anda tinggal menghubungi kami di no WA Admin +6282261100707.

Baca juga : Perkembangan Crypto di Indonesia

Mau Belajar Crypto, Blockchain, dan Bitcoin Dengan Kurikulum Lengkap dari Pemula sampai Advance? 

Daftar sekarang juga klik disini.

 


Share on:


Add Comment

Chat Here!