Investasi Crypto untuk Pemula Keuntungan dan Risikonya

Admin
19 September 2021
Artikel | 212 0

Investasi Crypto untuk Pemula Keuntungan dan Risikonya | Crypstocks
Investasi Crypto untuk Pemula Keuntungan dan Risikonya

 

Perkembangan digital sangat mendukung ekosistem investasi crypto untuk pemula. Tingginya iming – iming keuntungan tinggi di masa mendatang dan harapan masyarakat terhadap mata uang digital ini, membuat peminat kripto semakin banyak.

Hype ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tetapi di seluruh belahan dunia. Bahkan kini sudah dikembangkan ribuan jenis mata uang crypto. Beberapa yang mungkin sudah familier adalah Bitcoin, Ethereal, Dogecoin, dan Ethereum.

Meskipun prospektusnya tinggi, tetapi ada beberapa hal yang jarang diketahui oleh pemula ketika hendak terjun berinvestasi pada aset cryoto. Salah satunya adalah risiko dan bagaimana nilai cryptonya bisa melejit setinggi itu dalam waktu singkat.

Keuntungan Investasi Crypto untuk Pemula

Memahami kripto sebagai mata uang digital tentu agak sulit apabila tidak melihat realitasnya secara langsung. Coba perhatikan salah satu mata uangnya, yaitu bitcoin. Awal kali dibentuk dan diperkenalkan sekitar tahun 2009 menggunakan sistem block chain.

Saat itu, harga satu koinnya hanya beberapa dolar saja, tetapi setelah berselang 10 tahun lebih, nilainya meningkat drastis bahkan mencapai lebih dari 1000%. Apabila pada tahun 2009 mau membeli beberapa koin saja, kini mungkin sudah bisa jadi miliarder.

Kenaikan nilai ini dipercaya oleh masyarakat luas masih belum pada tingkat maksimalnya, masih bisa naik lebih jauh lagi. Karena kondisi demikian, prospektusnya dalam jangka waktu lama tentu memberikan keuntungan tidak sedikit.

Keuntungan berikutnya selain mendapatkan potensi berlipat ganda, juga bisa menggunakan kriptonya sebagai alat transaksi yang efisien. Sekarang mungkin masih dianggap sebagai komoditas yang diperjual-belikan saja, tetapi beberapa tahun mendatang fungsinya akan berkembang.

Sifat peer to peer dari block chain memungkinkan transaksi terjadi secara langsung, dari satu orang ke orang lainnya tanpa ada perantara. Hilangnya perantara akan membuat transaksinya semakin cepat, aman, dan tidak terkena biaya tambahan atas transaksinya.

Selain itu sebagai sebuah mata uang, besar kemungkinan banyak berkembang berbagai komoditas yang menggunakan crypto sebagai alat pembayarannya. Atau bisa juga memberikan label otentik pada benda – benda unik, yang saat ini disebut NFT.

Risiko Investasi Crypto untuk Pemula

Pemula terkadang ingin berinvestasi karena dua hal, pertama mengikuti tren atau kedua teriming – iming oleh keuntungannya. Terjebak pada persepsi yang kurang tepat ini menyebabkan terjadinya kerugian yang fatal. Karenanya yuk pahami risikonya.

1.      Fluktuasi Ekstrem

Sebagai komoditas baru, tentu saja nilainya masih sangat dipengaruhi oleh persepsi masyarakat. Tingginya kenaikan pada 10 tahun terakhir terjadi karena adanya sentimen positif dari masyarakat bahwa crypto bisa berkembang sebagai alat tukar yang efisien.

Namun perlu diingat juga bahwa ketika persepsinya tidak lagi positif, nilainya bisa jatuh sangat ekstrem. Seperti ketika Elon Musk mengumumkan tidak akan menggunakan bitcoin, nilainya turun mencapai 25%. Sehingga investor pemula harus siap dengan fluktuasi yang ekstrem ini.

2.      Sulit Menghitung Valuasinya

Salah satu pertimbangan sebelum memutuskan memilih jenis koin mana, tentu harus menghitung valuasi agar paham prospektusnya. Karena basisnya peer to peer dan tidak ada pengelolanya, tentu akan sulit mengetahui nilai valuasinya.

Kondisi ini cenderung menggantungkan pada persepsi publik terhadap sebuah nilai koin. Apabila persepsinya semakin baik, tentu ke depan juga akan semakin menguntungkan.

Memang berinvestasi di aset kripto sangat menguntungkan, tetapi risikonya juga cukup tinggi. Disarankan sebelum benar – benar masuk atau mencoba berinvestasi di aset ini.

Alangkah lebih baiknya mempelajarinya terlebih dahulu secara sistematis. Bisa belajar secara mandiri, kelompok, atau didampingi oleh mentor agar proses belajarnya menjadi lebih cepat.

Apabila kamu tertarik belajar investasi crypto untuk pemula, bisa mengikuti kelas Crypstock, karena mentornya sudah memiliki sertifika CBP (Certified Bitcoin Professional).

 Baca juga : Belajar Cara Memilih Crypto yang Benar

 Mau Belajar Crypto, Blockchain, dan Bitcoin Dengan Kurikulum Lengkap dari Pemula Sampai Advance? 

Daftar Sekarang:
www.crypstocks.co.id/courses


Share on:


Add Comment

Chat Here!