Ikuti Kelas Cara Belajar Futures di Binance, Apa Itu Perdagangan Dengan Kontrak Berjangka?

Admin
26 September 2021
Artikel | 213 0

Ikuti Kelas Cara Belajar Futures di Binance, Apa Itu Perdagangan Dengan Kontrak Berjangka? | Crypstocks
Kelas Cara Belajar Futures di Binance

Ikuti Kelas Cara Belajar Futures di Binance, Apa Itu Perdagangan Dengan Kontrak Berjangka?

Untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan mengenai futures di Binance, maka pilihan yang tepat adalah dengan mengikuti kelas cara belajar futures di Binance. Saat ini perdagangan biasa bukan lagi menjadi patokan perdagangan bitcoin.

Banyak perusahaan yang mulai memberikan fasilitas dan pelayanan terkait dengan kontrak berjangka seiring dengan meningkatnya popularitas dan melambung tingginya harga bitcoin. Tujuan dari dilakukannya hal tersebut adalah agar para trader pemula hingga yang ahli bisa memanfaatkan kesempatan dengan memiliki atau sekedar membeli bitcoin.

Peningkatan jumlah pertukaran yang menawarkan perdagangan kontrak berjangka pada bitcoin atau bitcoin futures terjadi karena semakin populernya bitcoin. Ada beberapa platform yang menawarkan transaksi ini sampai saat ini, seperti FTX, Binance, Bybit, Bitfinex, Kranken, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan perdagangan berjangka ini bisa didapatkan beberapa manfaat, seperti dapat melindungi nilai serta ketenangan pikiran selama periode volatilitas tinggi. Selain itu, mengurangi risiko dan meningkatkan leverage taruhan pada strategi bisa didapatkan dari kontrak berjangka ini.

Kontrak berjangka ini sering digunakan oleh para pedagang profesional dalam menentukan posisi yang lebih pada kedua sisi pasar. Namun, apa sebenarnya bitcoin futures dan pasar futures itu? Berikut ini penjelasannya.

Kelas Cara Belajar Futures di Binance: Pengertian Bitcoin Futures

Perjanjian dalam membeli atau menjual aset di kemudian hari dengan harga yang telah ditentukan dikenal sebagai kontrak berjangka pada bitcoin atau bitcoin futures. Karena nilainya yang bergantung pada aset dasar, ia dikenal sebagai instrumen derivatif.

Pada awalnya kontrak berjangka ini dihubungkan dengan komoditas-komoditas, seperti minyak, emas, dan biji-bijian. Produsen seperti petani dan penambang bisa mengelola risiko keuangan mereka dengan lebih baik melalui instrumen-instrumen tersebut, dengan menciptakan kemungkinan mengunci harga di muka.

Selain itu, melakukan lindung nilai atas biaya bahan bakarnya yang merupakan win-win solution untuk kedua belah pihak dapat dilakukan oleh perusahaan penerbangan. Istilah long atau dikenal sebagai pembeli berharap terjadinya kenaikan harga aset dasar yang mereka miliki. Hal tersebut karena potensi mereka yaitu jangka panjang atau long.

Berbeda bagi mereka para short atau para penjual kontrak berjangka yang bertaruh pada penarikan harga agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih. Memungkinkan seseorang mengurangi saham mereka tanpa memegang stablecoin atau deposito fiat di bursa merupakan daya pikat lain yang dimiliki dari kontrak berjangka.

Selama hari libur bank atau periode pembatasan uang tunai, saat itulah pembeli bisa meningkatkan posisi. Bagi para profesional ada banyak kasus yang dapat dialami ketika memperdagangkan kontrak berjangka tersebut. Bahkan bitcoin futures ini bisa memberikan manfaat bagi para pedagang eceran.

Saat ini trading di pasar keuangan terutama crypto bukan hanya berada di pasar spot. Pasar dimana aset yang diperjualbelikan adalah aset nyata itu sendiri seperti bitcoin dikenal dengan nama pasar spot. Namun terdapat pula pasar derivatif dimana salah satu pasar terdapat di luar pasar spot, ialah pasar futures.

Apa Itu Pasar Futures

Sebuah bagian dari pasar derivatif dalam seluruh ekosistem pasar keuangan disebut sebagai pasar futures. Perdagangan aset keuangan kontrak futures yang merupakan perjanjian mengisi pasar futures. Maksud dari perjanjiannya adalah berisi untuk membeli dan menjual aset di masa depan dan telah ditentukan harganya.

Lalu ada sebuah instrumen keuangan yang bisa diperdagangkan dimana ada suatu aset yang mendasari kontrak tersebut dikenal sebagai kontrak futures, salah satunya kontrak futures bitcoin.

Dasar dan sifat dari instrumen keuangan ini pasti sudah diketahui oleh para trader yang cukup berpengalaman. Untuk itu, ada dua jenis kontrak futures berdasarkan waktu kedaluwarsanya, yaitu:

1.             Kontrak Futures Kuartal

Jenis kontrak futures yang pertama adalah kontrak futures kuartal, yang artinya memiliki waktu kedaluwarsa setiap tiga bulan dalam satu tahun dan terjadi pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember pada umumnya. Hal ini dikarenakan bulan-bulan tersebut merupakan bulan berakhirnya kuartal dalam setahun.

Umumnya tanggal kedaluwarsa yang terjadi adalah tanggal 24, 25, hingga 31. Nama atau ticker yang ada pada kontrak futures sesuai dengan waktu kedaluwarsa kuartalan. Contohnya nama BTC-0625 yang ada pada bursa FTX dan berada pada kolom futures. Nama tersebut bisa disimpulkan bahwa kontrak futures tersebut memiliki waktu kedaluwarsa bulan Juni tanggal 25.

Terdapat tiga kemungkinan yang bisa terjadi ketika kontrak kedaluwarsa, yaitu membiarkan kedaluwarsa tanpa rugi atau nilai, melakukan penyelesaian atau settlement, dan rolling. Untuk rolling sendiri merupakan cara untuk menjaga dan melanjutkan posisi dalam pasar futures dengan kontrak lain yang memiliki waktu kedaluwarsa yang lebih panjang dan dilakukan oleh pemilik kontrak.

Selanjutnya ada cara penyelesaian atau settlement yang digunakan untuk mencairkan posisi hingga mendapatkan keuntungan atau kerugian dari sebuah kontrak futures dan ada dua jenis settlement, yaitu physical settlement dan cash settlement.

2.             Kontrak Futures Perpetual

Terdapat satu jenis kontrak lain yaitu kontrak futures perpetual yang sering dimanfaatkan oleh para trader dalam pasar keuangan selain kontrak futures kuartalan. Berbeda dengan kontrak futures kuartalan, kontrak ini tidak mempunyai waktu kedaluwarsa, sehingga kontrak ini tidak pernah berakhir sesuai dengan namanya.

Pada umumnya akan terdapat tulisan dengan akhiran PERP jika menggunakan kontrak ini, contoh yang biasanya tertulis adalah BTC-PERP. Tidak ada waktu kedaluwarsa dalam kontrak ini, sehingga akan bergerak seperti aset nyatanya serta secara natural adanya dorongan dari permintaan dan penawaran.

Untuk melakukan hedging atau pengamanan terhadap posisi di pasar spot, mayoritas trader yang cukup handal pada umumnya menggunakan kontrak ini. Namun banyak juga trader yang juga menggunakan kontrak futures kuartalan, karena tidak terbatasnya hedging pada kontrak futures perpetual.

Semua sifat dan penyelesaian yang ada di kontrak futures pada bursa masa kini akan terjadi dan terimplementasi secara otomatis melalui bursa, terutama di bursa crypto. Namun, untuk dapat memahami apa instrumen yang bisa digunakan untuk menghasilkan keuntungan, pengetahuan tentang hal tersebut sangatlah penting untuk diketahui.

Ikuti Kelas Pembelajaran Cara Futures di Binance Terbaik

Meskipun dalam artikel ini sudah dibahas mengenai pasar futures, namun ternyata masih banyak yang harus kamu ketahui dan pelajari. Tentunya tidak bisa kamu dapatkan ilmunya begitu saja tanpa mempelajarinya terlebih dahulu, apalagi bagi kamu yang bersiap untuk terjun ke dunia crypto.

Kamu bisa mengikuti kelas kursus pembelajaran di sebuah webcourse yang akan membantumu dalam mempelajari hal-hal mengenai Cryptocurrency, Bitcoin hingga Blockchain, yaitu Crypstocks. Disini kamu akan diajari oleh mentor profesional yang telah memiliki Certified Bitcoin Professional.

Ada tiga kelas dan satu private grup yang bisa kamu ikuti dan daftar, mulai dari kelas Beginner dengan biaya sebesar Rp 150.000, kelas Intermediate sebesar Rp 350.000 hingga kelas Advance sebesar Rp 500.000 dan tentunya masing-masing kelas memiliki materi dan pembahasan yang berbeda-beda.

Jangan ragu lagi untuk segera mendaftarkan diri di kelas cara belajar futures di Binance bersama kami. Segera hubungi kami dan bersiap untuk mendapatkan profit to the moon!

Baca juga : Belajar Cara Memilih Crypto yang Benar

 Mau Belajar Crypto, Blockchain, dan Bitcoin Dengan Kurikulum Lengkap dari Pemula Sampai Advance? 

Daftar Sekarang:
www.crypstocks.co.id/courses


Share on:


Add Comment

Chat Here!