Ciri Investasi Bodong yang Wajib Dihindari

Admin
18 Juli 2022
Artikel | 97 0

Ciri Investasi Bodong yang Wajib Dihindari | Crypstocks
Ciri Investasi Bodong yang Wajib Dihindari

Agar tidak terkena penipuan atau penggelapan uang, Anda harus mengetahui ciri investasi bodong yang wajib dihindari. Investasi bodong biasanya tidak dapat memberikan imbal hasil sesuai kesepakatan awal bahkan uang modal investasi Anda juga bisa hilang.

Untuk menghindarinya, ada beberapa ciri investasi bodong yang sebaiknya Anda ketahui dan hindari. Karena bagi orang awam, masih banyak yang berpikiran bahwa investasi pasti memberikan hasil yang besar dalam waktu yang singkat.

Padahal ada sejumlah informasi yang harus dikumpulkan sebelum memulai investasi. Selain itu, setiap investasi pasti memilliki resiko. Semakin besar keuntungan yang diberikan biasanya resikonya juga semakin besar.

 

Ciri Investasi Bodong yang Wajib Dihindari

Belum semua orang memiliki pengetahuan yang cukup dalam berinvestasi, agar tidak tertipu Anda bisa menyimak ciri investasi bodong berikut ini:

1. Tidak dapat Menunjukkan Legalitas Perusahaan

Perusahaan fiktif yang menawarkan investasi bodong pasti tidak memiliki ijin legalitas yang jelas dari Kementerian Perdagangan. Perusahaan investasi yang benar harus memiliki ijin dari BAPEPAM atau BAPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi).

Bila Anda ditawari oleh perusahaan yang hanya memiliki Ijin Pendirian Perusahaan atau SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan) saja. Maka sebaiknya Anda tolak penawaran investasi yang diberikan.

2. Menjanjikan Keuntungan yang Tidak Masuk Akal

Investasi dengan hasil yang besar memiliki resiko yang sebanding. Semakin besar imbal hasil yang ditawarkan maka resikonya juga semakin besar. Jangan percaya ada penawaran yang menjanjikan imbal hasil besar dengan modal kecil dan dalam waktu yang cepat.

Sebaiknya Anda tidak mudah percaya pada orang yang menawarkan janji manis di depan tanpa memberikan informasi mekanisme investasi yang rinci. Itu adalah salah satu ciri investasi bodong yang wajib dihindari.

Anda juga jangan langsung percaya pada orang yang menawarkan keuntungan besar, pasti untung, dijamin untung dll. Karena investasi tidak memiliki keuntungan pasti. Melainkan keuntungan yang dipresentasikan adalah prospek dan ekspektasi.

3. Tidak Memiliki Aset Dasar yang Jelas

Setiap investasi harus memiliki asset dasar yang jelas, seperti misalnya reksadana saham memiliki saham sebagai asset dasarnya. Dana yang Anda masukkan akan dikelola oleh Manajer agar mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Dalam ciri investasi bodong yang wajib dihindari, Anda biasanya tidak diberikan informasi yang jelas dan detail tentang alokasi uang yang dimasukkan. Sehingga invetor tidak mengetahui untuk apa uangnya digunakan serta tidak ada laporan yang lengkap.

4. Tidak Transparan terhadap Nasabah

Investasi yang legal dan benar akan menjelaskan kemungkinan resiko kepada nasabah sebelum melakukan pembelian. Sementara ciri investasi bodong yang wajib dihindari tidak akan menjelaskan kemungkinan resiko namun hanya memberikan janji manis dan iming – iming di depan.

5. Menggunakan Nama Tokoh Terkenal untuk Mendapatkan Nasabah Baru

Bila perusahaan investasi sangat gencar mencari investor baru dengan system pembagian keuntungan yang tidak jelas maka hal itu harus dicurigai. Biasanya investasi bodong menggunakan system keuntungan Ponzi di mana keuntungan yang dibagikan berasal dari uang nasabah sendiri.

Selain itu investasi bodong juga menggunakan nama tokoh terkenal untuk menarik investor baru. Padahal tokoh tersebut tidak termasuk dalam salah satu nasabah yang berinvestasi di sana.

Agar tidak terkena investasi bdoong, penting untuk membekali diri dengan ilmu terlebih dahulu. Anda dapat mengikuti kelas kursus di crypstocks.co.id. tersedia berbagai macam kelas mulai dari beginner, intermediate dan advance serta private group.

Tersedia berbagai macam tema yang dapat Anda pilih seperti kripto, blockchain dll. Dalam kursus ini, Anda akan diajari dasar ilmu yang benar sebelum melangkah berinvestasi. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi admin di nomor +6282261100707.

Setelah belajar dasar ilmu investasi yang benar dari ahlinya, Anda akan dapat mengetahui dengan lebih jelas ciri investasi bodong yang wajib dihindari.

 

 

 


Share on:


Add Comment

Chat Here!