Cara Menggunakan PancakeSwap untuk Pemula

Admin
10 Februari 2022
Artikel | 164 0

Cara Menggunakan PancakeSwap untuk Pemula | Crypstocks
Cara Menggunakan PancakeSwap untuk Pemula

Bagi yang baru terjun ke dunia cryptocurrency, cara menggunakan PancakeSwap untuk pemula penting untuk diketahui. PancakeSwap sendiri adalah pertukaran terdesentralisasi yang memungkinkan penggunanya untuk memperdagangkan cryptocurrency dan token tanpa perantara terpusat.

Layanan ini dibangun di Binance Smart Chain atau BSC dengan kontrak pintar otomatis. Nah, jika kamu mau tahu lebih banyak tentang PancakeSwap ini, berikut beberapa penjelasan dan cara penggunaanya.

 

Bagaimana cara menggunakan PancakeSwap untuk pemula?

 

PancakeSwap memiliki token yang bernama CAKE. CAKE ini merupakan native token yang berfungsi ganda sebagai governance token dan sekaligus menyediakan layanan farming serta staking.

Pertukaran token pada DEX PancakeSwap terjadi lewat liquidity pool atau LP antara pasangan token. LP ini berinteraksi dengan pool dan menerima token yang mewakili bagian mereka di pool.

Sementara pengguna lain yang melakukan staking token di LP akan mendapatkan imbalan. Jika masih bingung dengan penjelasan ini, berikut cara menggunakan PancakeSwap bagi para pemula.

  1. Pasang terlebih dahulu ekstensi MetaMask di aplikasi browser Chrome.
  2. Jika sudah terpasang, selanjutnya klik tombol Persiapan.
  3. Lalu, buat dompet baru dengan klik opsi Dompet Baru atau gunakan dompet digital sendiri dengan klik opsi Import Dompet.
  4. Saat berada di halaman MetaMask, kamu dapat melihat jaringan Ethereum Mainnet sebagai jaringan default pada dompet ini.
  5. Untuk menggantinya, kamu bisa klik Ethereum Mainnet dan pilih opsi RPC Kustom.
  6. Pilih opsi Jaringan Baru, lalu isi data di kolom yang tersedia. Apabila sudah, klik Simpan.
  7. Pada tahap ini, dompet BSC sudah selesai dibuat.
  8. Selanjutnya, masuk ke situs resmi PancakeSwap dan klik Connect Wallet di pojok kanan atas.
  9. Pilih MetaMask, atur perizinan dan selesai.

Setelah dompet digital dan PancakeSwap berhasil dihubungkan, kamu bisa langsung melakukan transaksi. Cara untuk membeli koin di PancakeSwap sama dengan menukar koin yang dimiliki dengan CAKE. 

 

Fitur menarik yang ada di PancakeSwap

 

Sama seperti DEX lain, pemula crypto mungkin akan mengalami kesulitan dalam memahami berbagai fitur di dalamnya. Jika ingin tahu lebih dalam, ini dia beberapa fitur menarik di PancakeSwap.

 

Swapping

 

Salah satu fitur menarik di PancakeSwap adalah swapping. Dengan fitur ini, siapa pun bisa menggunakan platform dan menukar token BEP20 di bursa yang dibangun di Binance Smart Chain atau BSC.

 

Farming

 

PancakeSwap memungkinkan penggunanya untuk farming aset asli, yaitu CAKE. Dengan fitur ini, memungkinkan pengguna untuk menyimpan token LP, menguncinya, dan mendapatkan token CAKE sebagai hadiah. Menarik, ya?

 

Penambahan likuiditas

 

PancakeSwap bekerja pada model AMM sehingga para investor bisa menukar token tanpa buku pesanan. Ketika ingin menanam token CAKE, seseorang harus menambahkan likuiditas ke bursa terlebih dahulu. Setelah itu, pilih pasangan token yang ingin disetorkan dan tambahkan likuiditas ke bursa.

 

Staking

 

Setelah dapat token LP, staking bisa dilakukan untuk mendapatkan token CAKE. Jika sudah mendapatkan token CAKE, kamu bisa mempertaruhkan di kumpulan SYRUP, lho! Nah, jika kamu memasang token CAKE, maka hadiah token CAKE juga akan didapatkan

 

Lotre

 

Di samping, swap, stake, dan farm, PancakeSwap memungkinkan tiket lotre untuk menggunakan token CAKE. Pada setiap sesi lotre akan memakan waktu sekitar 6 jam. Tiket lotre ini sendiri berharga sekitar 10 CAKE dan akan memberikan nomor kombinasi empat digit acak antara 1 sampai 14. 

 

Sampai sini sudah paham kan tentang cara menggunakan PancakeSwap untuk pemula dan fitur-fiturnya. Nah, jika ingin tahu lebih lanjut mengenai ilmu cryptocurrency, kamu bisa berkunjung ke www.crypstocks.co.id. Semoga informasi ini bisa bermanfaat, ya!

 

Baca juga :  5 Cara Cepat Belajar Crypto Agar Cuan Terus Mengalir

Mau Belajar Crypto, Blockchain, dan Bitcoin Dengan Kurikulum Lengkap dari Pemula sampai Advance? 

Daftar sekarang juga klik disini.

 


Share on:


Add Comment

Chat Here!