Cara Agar Dompet Bitcoin Tidak Dihack

Admin
27 Juli 2022
Artikel | 80 0

Cara Agar Dompet Bitcoin Tidak Dihack | Crypstocks
Cara Agar Dompet Bitcoin Tidak Dihack

Dompet Bitcoin atau dikenal dengan Bitcoin Wallet adalah tempat dimana seseorang menyimpan Bitcoin mereka. Layaknya dompet konvensional yang bisa saja dicuri, begitu juga dompet Bitcoin yang bisa terkena hack. Nah, berikut cara agar dompet Bitcoin tidak dihack.

Dompet Bitcoin berisi pasangan private dan public key yang harus dimiliki seseorang jika ingin mengautentikasi suatu transaksi dalam sistem blockchain cryptocurrency. Akses masuk ke dompet Bitcoin ini seharusnya hanya diketahui oleh pemilik akunnya saja.

Namun nyatanya, dompet Bitcoin juga tidak terlepas dari praktik hacking atau peretasan yang dilakukan seseorang dengan membobol sistem keamanan dalam sistem cryptocurrency.

 

Bagaimana Cara Agar Dompet Bitcoin Tidak Dihack?

Praktik hacking ini kian marak terjadi seiring dengan semakin canggihnya perkembangan teknologi. Peretasan yang terjadi pada sistem cryptocurrency dilakukan dengan cara atau modus yang berbeda – beda

Oleh karena itu, jika kamu seorang investor Bitcoin, kamu harus memastikan dompet Bitcoin kamu aman dari praktik hacking. Nah, berikut adalah cara agar dompet Bitcoin tidak dihack!

1. Amankan Kode Autentikasi Saat Login

Cara yang paling umum dilakukan untuk meretas akun dompet Bitcoin adalah melalui informasi login yang dilakukan oleh user. Saat login, user harus melewati dua metode autentikasi untuk memastikan keamanan login.

Saat autentikasi, biasanya ada nomor atau kode yang dikirim melalui SMS ke nomor telepon seluler milik pengguna. Nah, jangan sampai kode ini diketahui oleh orang lain. Karena bisa menjadi salah satu cara mudah untuk meretas akun Bitcoin.

Salah satu cara agar dompet Bitcoin tidak dihack dengan cara ini adalah, user bisa menggunakan aplikasi yang memiliki tingkat keamanan tinggi, yang biasanya langsung menghubungkan kode autentikasi dari akun Bitcoin ke perangkat keras pemilik akun.

2. Jangan Gunakan Kata Sandi yang Sama Untuk Semua Akun

Menggunakan kata sandi yang sama untuk semua akun, baik dalam kripto maupun akun lainnya, rentan terhadap hacking. Karena jika sandi dari salah satu akun saja sudah diketahui, maka hacker bisa dengan mudah membuka akun – akun lainnya.

Apalagi jika akun yang digunakan saling terhubung tanpa adanya autentikasi lanjutan, maka akan sangat rentan diretas. Oleh karena itu, sebagai salah satu cara agar dompet Bitcoin tidak dihack, bedakan sandi tiap akun digital.

3. Buatlah Sandi yang Sulit Diprediksi

Jangan menggunakan sandi yang mudah diprediksi. Buatlah  sandi yang acak, misalkan campuran antara huruf, angka, dan karakter. Hal ini akan mempersulit prediksi suatu sandi.

Intinya, sandi untuk semua akun (tidak hanya Bitcoin saja), harus dibuat seunik mungkin. Meskipun cara ini terdengar simple, namun cukup membantu sebagai salah satu cara agar dompet Bitcoin tidak dihack.

4. Jangan Klik Sembarang Link

Biasanya, modus – modus penipuan juga dilakukan dengan mengirimkan link – link penipuan, yang sebenarnya digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai akun seseorang.

Misalkan saja, ada yang mengirim kamu pesan “klik link ini maka saldo Bitcoin kamu akan naik 5 kali lipat”. Pesan – pesan semacam ini sudah dipastikan palsu dan penipuan. Tidak mungkin saldo kamu naik hanya karena mengklik suatu link.

Oleh karena itu, waspadalah terhadap link – link yang dibagikan (terutama di media sosial), kamu harus tetap waspada dan berpikir secara bijak. Itulah salah satu cara agar dompet Bitcoin tidak dihack.

5. Jangan Membuka atau Mengunduh Situs dan Aplikasi Ilegal

Banyak situs dan aplikasi ilegal yang beredar di internet. Biasanya, perangkat seluler bisa mendeteksi, dan akan memberikan warning bahwa situs atau aplikasi tersebut berbahaya.

Situs – situ ilegal sangat rentan terhadap peretasan akun. Situs – situs ini biasanya menggunakan interface atau tampilan yang tampak tidak berbahaya, seperti link download, link iklan, gambar – gambar dan tulisan yang menarik.

Begitu juga pada aplikasi yang tidak memiliki izin akses. Biasanya tidak memiliki sistem keamanan yang baik. sehingga bisa menyebabkan perangkat yang mengunduhnya mudah untuk dihack.

Oleh karena itu, salah satu cara agar dompet Bitcoin tidak dihack adalah dengan lebih berhati – hati dan tidak asal klik link atau mengunduh aplikasi ilegal.

Nah,  itulah beberapa cara agar dompet Bitcoin tidak dihack. Cara – cara tersebut akan lebih optimal jika diterapkan bersamaan. Perbanyak relasi dengan komunitas trader Bitcoin agar mengetahui update mengenai sistem keamanannya.

 

Apa Saja Jenis – Jenis Dompet Bitcoin?

Di atas kita menyinggung mengenai jenis dompet Bitcoin yang aman dan dapat membantu mencegah peretasan akun. Berikut adalah jenis – jenis dompet Bitcoin yang bisa kamu gunakan sebagai cara agar dompet Bitcoin tidak dihack.

1. Hosted Wallet

Hosted wallet adalah jenis wallet untuk Bitcoin yang  paling banyak digunakan karena kemudahan penggunaannya. Setelah melakukan pembelian, aset kamu akan otomatis masuk ke dalam hosted wallet  miliki kamu.

Cara kerja hosted wallet mirip dengan cara kerja bank menyimpan uang nasabah dalam rekening giro atau tabungan. Keuntungan menggunakan jenis wallet ini adalah, pengguna tidak perlu khawatir jika lupa private ataupun public key.

Aset di dalam wallet akan tetap aman meskipun kamu lupa kata sandi. Oleh karena adanya pihak ketiga, menggunakan hosted wallet bisa menjadi salah satu cara agar dompet Bitcoin tidak dihack.

2. Hardware Wallet

Yaitu perangkat fisik yang biasanya memiliki ukuran serupa dengan flashdisk, dan didalamnya terdapat private key dari akun kripto, serta bisa diakses secara offline. Namun harganya cukup mahal.

Karena tidak memerlukan koneksi internet, wallet jenis ini akan lebih sulit untuk dihack, dan bisa menjadi salah satu cara agar dompet Bitcoin tidak dihack.

3. Cold Wallet atau Paper Wallet

Private key akan dicetak pada selembar kertas dan disimpan secara offline tanpa memerlukan koneksi internet. Cold wallet tentu sangat aman dari ancaman hacking, yang terpenting adalah menjamin keamanan dari kertas tersebut.

Penggunaan cold wallet  juga bisa menjadi salah satu cara cara agar dompet Bitcoin tidak dihack karena private key hanya bisa diakses oleh pemilik akun saja.

4. Non-Custodial Wallet

Kelebihan wallet jenis ini adalah, kendali penuh atas akun kripto oleh pemilik, sehingga tidak bergantung dengan pihak ketiga. Memang diperlukan software untuk menyimpan aset kripto, namun kendali penuh tetap ada pada pemilik akun.

Itulah informasi mengenai cara agar dompet Bitcoin tidak dihack dan jenis – jenis dompet dalam sistem kripto yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan aset Bitcoin kamu. Pastikan private dan public key akun Bitcoin kamu aman dari ancaman peretasan atau hacking.

Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut cara menjadi trader Bitcoin yang handal, termasuk dalam mengelola akun dompet digital kamu. Kamu bisa mengikuti kelas trading cryptocurrency dicrypstocks.co.id

Tersedia berbagai kelas dengan harga dan fasilitas yang berbeda – beda. Mulai dari Private Group  dengan harga 3 – 10 juta, Newsletter dan Advance dengan harga 500 ribu, dan Intermediate dan Beginner dengan harga 150 – 350 ribu saja.

 

Yuk segera join  crypstocks.co.id atau ingin mengetahui informasi selengkapnya terlebih dahulu dapat menghubungi admin di nomor Whatsapp +6282261100707


Share on:


Add Comment

Chat Here!