Belajar Investasi Kripto dari Nol hingga Cuan

Admin
24 November 2022
Artikel | 39 0

Belajar Investasi Kripto dari Nol hingga Cuan | Crypstocks
Belajar Investasi Kripto

Ketika memutuskan untuk terjun ke pasar mata uang digital atau kripto, cara investasi dari nol wajib untuk diketahui. Seiring berkembangnya kecanggihan teknologi, belajar investasi kripto akan sangat menguntungkan.

Investasi kripto, seperti Bitcoin memang sudah banyak menarik perhatian publik karena harganya bisa melonjak dengan cepat. Nah, agar lebih paham mengenai belajar investasi kripto, yuk simak ulasan selengkapnya berikut.

 

Tips Belajar Investasi Kripto Agar Cuan Besar

Perlu diketahui, cara belajar investasi kripto atau Bitcoin pada dasarnya sama dengan investasi saham. Karena itu, calon investor bisa kapan saja membeli Bitcoin, tidak peduli berapapun harga dan bagaimanapun kondisi pasarnya.

Hal ini dapat diterapkan, terutama oleh pemula yang melihat Bitcoin sebagai instrumen investasi jangka panjang. Adapun beberapa cara belajar investasi kripto untuk pemula untuk bisa mendapatkan cuan atau keuntungan yang besar, di antaranya:

1. Pilih exchanger dan buka akun

Dalam belajar investasi kripto, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih exchanger dan buka akun. Pastikan membuka akun atau rekening di exchanger yang terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi atau Bappebti.

Bitcoin Exchange atau bursa Bitcoin merupakan sebutan untuk perusahaan yang menyediakan platform khusus agar bisa digunakan oleh orang-orang dari berbagai negara untuk menukarkan Bitcoin dengan mata uang fiat, seperti Dolar, Euro, maupun Rupiah.

Untuk memulai belajar investasi kripto bisa dilakukan secara dengan pendaftaran online, baik melalui aplikasi mobile atau lewat website. Syarat untuk membuka akun pun tidak sulit, yakni dengan mengisi nama, email, alamat, serta menyetujui Ketentuan Perjanjian dan Kebijakan Privasi.

2. Dapatkan verifikasi KYC

Selanjutnya cara belajar investasi kripto setelah membuka akun di exchange agar bisa segera bertransaksi adalah harus mendapatkan verifikasi Know Your Customer atau KYC dahulu. Verifikasi ini berguna untuk melindungi setiap peserta di exchange dan memastikan kebijakan Anti Money Laundering atau AML berjalan dengan seharusnya.

Biasanya, proses verifikasi KYC ketika belajar investasi kripto, yakni dengan mengunggah foto KTP asli, mengisi data diri, dan selfie tanpa atribut wajah. Data-data tersebut kemudian akan diproses setidaknya dalam waktu 1 hari jam kerja.

3. Lakukan deposit terlebih dahulu

Jika sudah memiliki rekening, cara belajar investasi kripto bisa langsung melakukan deposit di exchange yang dipilih. Langkah ini dapat dilakukan melalui dompet digital, bank, atau dengan koin kripto sendiri. 

Deposit yang ditawarkan exchanger, antara lain melalui transfer bank, e-wallet, PPOB, kartu debit, atau kartu kredit. Tak hanya itu, deposit juga bisa dilakukan dalam bentuk koin, baik Bitcoin, Ethereum, maupun koin kripto jenis lainnya.

4. Beli kripto pertama

Sebelum melakukan transaksi, langkah dalam belajar investasi kripto agar memperoleh cuan besar dilakukan dengan memilih pair atau pasangan yang ingin di trading. Pair ini merupakan jenis mata uang yang bisa dianalogikan seperti saat membeli valas.

Bagi pemula yang baru belajar investasi kripto, cara aman memilih koin pertama adalah pilih kripto yang masuk ke dalam Top 5 di Marketcap. Hal ini dilakukan karena koin-koin tersebut sudah pasti mempunyai nilai yang besar. Koin yang paling sering ada di Top 5 Marketcap, yakni Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Tether.

5. Mulai transaksi

Setelah itu, pemula yang baru belajar investasi kripto bisa membuat order. Caranya adalah dengan memasukkan harga dan jumlah koin yang ingin dibeli. Kemudian, akan muncul jumlah rupiah yang dibutuhkan, di mana pemula bisa memilih jenis order taker atau maker.

Apabila memilih taker, order akan langsung dilakukan di saat itu juga sesuai harga pasar. Jumlah kepemilikan koin tersebut segera diperbaharui dan jumlah deposit rupiah akan berkurang sesuai jumlah pembelian.

Namun, jika memilih maker, maka order tidak langsung terjadi atau tertunda hingga match harga yang diinginkan. Selama belum terjadi match, order tersebut akan terus menunggu di “order book”.

6. Lakukan penarikan/withdraw kripto ke rupiah

Untuk pemula yang baru belajar investasi kripto, penarikan aset koin ke dalam bentuk rupiah cukup mudah, yakni dengan mengajukannya di aplikasi. Selain itu, koin yang dimiliki di exchange juga dapat ditarik dengan memasukkan alamat wallet yang menjadi tujuan pengiriman koin kripto.

Proses penarikan ke dalam rupiah biasanya membutuhkan waktu beberapa menit sampai 1 x 24 jam. Hal ini dikarenakan, exchanger menggunakan jaringan perbankan untuk mengirimkan uang, di mana cepat atau lambat proses penarikan ditentukan oleh proses bank.

7. Bayar biaya berdasarkan jumlah transaksi

Sebagai pemula, membayar sejumlah biaya yang diperlukan dalam penarikan termasuk ke dalam cara tepat belajar investasi kripto. Pasalnya, membayar biaya atau fee berdasarkan jumlah transaksi ini dilakukan untuk balas budi atas jasa exchanger.

Setiap exchanger menetapkan jumlah minimum dan maksimum penarikan untuk koin kripto maupun uang rupiah. Sebab, masing-masing dari exchanger telah memiliki kebijakan masing-masing yang harus diikuti.

8. Transfer aset kripto ke wallet

Pembelian koin yang tidak ingin langsung di jual bisa disimpan di wallet atau dompet. Wallet sendiri merupakan tempat menyimpan aset kripto. Secara umum, investor memiliki alamat wallet yang berbeda-beda, di mana nantinya digunakan untuk mengirimkan atau menerima aset kripto.

Saat membeli kripto, koin akan disimpan di dompet digital atau wallet. Dompet digital untuk aset kripto Bitcoin, umumnya terdiri dari dua jenis, yakni hot wallet dan cold wallet. Hot wallet adalah dompet yang dioperasikan oleh crypto exchanger, sementara cold wallet adalah dompet digital kripto berbentuk perangkat keras portable.

 

Bagaimana Cara Untung di Crypto?

Bagi yang belum familiar atau masih belajar investasi kripto, cara untung di Crypto tentu masih dipertanyakan. Untuk mempermudah ketika belajar investasi kripto agar bisa mendapatkan keuntungan, berikut cara-cara yang bisa diikuti.

1. Beli Bitcoin secara rutin

Cara belajar investasi kripto dengan Bitcoin agar untung besar bisa dimulai dengan membeli aset secara rutin. Perlu diingat, beberapa analis kripto memprediksi bahwa harga Bitcoin akan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Dengan berpegang pada prinsip ini, pemula yang baru belajar investasi kripto dapat menerapkannya dengan membeli sedikit demi sedikit tanpa mempertimbangkan harga. Jika cara belajar investasi kripto diterapkan tanpa ragu, maka tidak akan merasa khawatir saat harga Bitcoin tiba-tiba menurun atau mengalami sideways.

2. Beli saat harga Bitcoin turun

Cara belajar investasi kripto atau Bitcoin terbaik bisa dilakukan dengan buy the dip, yakni membeli saat harganya cenderung sedang turun atau berada di peringkat yang rendah. Kemudian, tahan selama beberapa waktu dan jual Bitcoin di harga tertinggi supaya bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Biasanya, permintaan Bitcoin selama akhir pekan akan melambat sehingga kecenderungan harga menjadi turun di hari Senin. Pemula yang sedang belajar investasi kripto bisa membeli pada periode ini karena harga Bitcoin bisa kembali melambung tinggi di hari Jumat dan Sabtu.

Jika ragu untuk membeli Bitcoin di harga terendah, maka bisa menunggu pantulan pergerakan harga ketika telah mencapai garis support. Support sendiri merupakan level terendah pada grafik harga Bitcoin, di mana trader umumnya tertarik untuk membeli karena harga dianggap murah.

 

Bagaimana Cara Menukar Crypto ke Rupiah?

Ketika belajar investasi kripto, cara menukar Bitcoin agar menjadi rupiah dan bisa digunakan perlu diketahui. Namun, sebelum menukar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal pertama yang penting untuk diperhatikan saat adalah pajak dan biaya.

Sebab, transaksi kripto, baik pembelian maupun penjualan akan dikenakan potongan pajak. Kedua, saat baru belajar investasi kripto, pertimbangkan juga biaya lain di luar pajak, seperti biaya lain yang perlu dikeluarkan saat melakukan transaksi lewat platform kripto.

Sementara yang terakhir, yakni waktu di mana penukaran Bitcoin melalui platform membutuhkan waktu untuk memproses transaksi dan masuk ke rekening. Jika sudah, maka penukaran crypto ke rupiah bisa segera dilakukan, dengan cara sebagai berikut.

1. Jual beli langsung di peer-to-peer

Transaksi kripto saat belajar investasi kripto bisa dilakukan melalui platform peer-to-peer atau P2P. Cara kerja peer-to-peer sebenarnya kurang lebih sama seperti marketplace lain. Dengan platform ini, aset kripto bisa dijual secara langsung ke pihak lain dengan harga yang sudah disepakati sebelumnya.

Metode pembayarannya pun tersedia cukup beragam dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Sebagian besar layanan peer-to-peer untuk kripto bisa digunakan tanpa harus melakukan verifikasi identitas. Dengan demikian, transaksi kripto bisa berlangsung secara anonim.

Untuk menjaga agar transaksi berlangsung dengan aman, platform kripto P2P biasanya menyediakan rekening bersama. Pembeli akan mentransfer uang setelah Bitcoin dikirim ke rekening bersama. Kemudian, uang tersebut ditransfer ke bank atau dompet digital yang sudah dipilih.

2. Platform penukaran kripto

Cara kedua untuk menukar kripto ke rupiah saat belajar investasi kripto, yakni melalui platform penukaran kripto atau crypto exchange. Platform satu ini menawarkan kepraktisan dalam melakukan transaksi aset digital, seperti Bitcoin.

Dalam proses penukarannya pun mirip seperti menukar mata uang dollar ke rupiah lewat money changer. Platform penukaran kripto dapat diakses di komputer maupun smartphone dengan langkah-langkah, berikut:

l Pilihlah platform penukaran kripto yang akan digunakan.

l Selanjutnya, buka akun dan selesaikan proses verifikasi.

l Untuk pembelian, lakukan deposit atau beli Bitcoin melalui akun yang sudah dibuat. Nantinya, Bitcoin akan tersimpan di wallet atau dompet digital pada platform tersebut.

l Jika ingin menjual, maka bisa menggunakan fitur penjualan di platform crypto exchange tersebut. Ketika menjual aset, sebaiknya memilih waktu yang tepat agar keuntungan lebih maksimal.

l Dana hasil penjualan ini akan ditransfer ke rekening bank yang telah terhubung ke platform penukaran kripto.

Sebagai informasi tambahan, pastikan platform kripto yang dipilih sudah terdaftar di Bappebti sehingga legalitas dan keamanannya bisa terjamin. Saat mulai belajar investasi kripto memang tidak bisa langsung untung, namun ada proses dan hal yang harus dipelajari agar bisa mencapai target sukses.

Apapun instrumen investasi yang dipilih, tentu bisa dihadapkan pada risiko kecil maupun besar. Untuk itu, sebelum mulai belajar investasi kripto, terutama Bitcoin pahami secara penuh, mulai dari pengertian, karakteristik, risiko, hingga keuntungan yang mungkin diperoleh setelah bergabung.

Para pemula yang masih ingin belajar investasi kripto lebih mendalam, bisa berkunjung ke website crypstocks.co.id. Di sini, calon investor bisa memilih kelas untuk belajar kripto, mulai dari Class C (Beginner), Class B (Intermediate), Class A (Advance), dan kelas Most Valuable Private Group.

  Jika ingin mengetahui informasi selengkapnya terlebih dahulu dapat menghubungi admin di nomor Whatsapp +6282261100707.

 

Baca juga : Belajar Trading Mata Uang Kripto Bitcoin Bareng Crypstocks

 


Share on:


Add Comment

Chat Here!