Begini Cara Menambang Kripto untuk Pemula

Admin
22 November 2022
Artikel | 46 0

Begini Cara Menambang Kripto untuk Pemula | Crypstocks
Cara Menambang Kripto

Dalam dunia kripto, terdapat istilah yaitu mining (menambang) di mana ini adalah proses yang dilakukan untuk membuat koin yang baru. Para pemula mungkin masih belum terlalu memahami cara menambang kripto yang tepat. Hal itu sebenarnya wajar karena proses menambang ini sedikit kompleks dan perlu alat khusus tertentu yang spesifikasinya cukup tinggi. Untuk itu, terkadang tidak semua pengguna sanggup melakukannya. Namun, apabila Anda tetap merasa tertarik untuk melakukannya simaklah penjelasan berikut.

 

Cara Menambang Kripto

Proses yang diperlukan untuk menambang kripto sering juga disebut sebagai Proof-of-Work. Cara menambang kripto pada dasarnya dilakukan dengan memecahkan kode numerik yang dikenal dengan sebutan hash. Apabila menjadi seorang penambang atau miner, Anda harus menemukan kode tersebut dengan tepat. Tidak perlu khawatir karena untuk memahami cara menambang kripto Anda tidak perlu memiliki kemampuan matematika tingkat tinggi.

Tingkat kesulitan mining ini tidak berasal dari penghitungan matematika sulit meskipun memang benar beberapa penambang mampu melakukan hal itu. Lantas, sebenarnya seperti apakah cara menambang kripto yang sesungguhnya?

1. Cloud Mining

Cara menambang kripto yang pertama adalah menggunakan proses cloud mining. Sesuai dengan nama yang dimilikinya, dapat diartikan bahwa cara menambang kripto yang satu ini dilakukan dengan memanfaatkan cloud computing. Artinya, Anda akan membayar terlebih dahulu pihak ketiga ketika melakukan proses penambangan kripto.

Dengan memakai cara menambang kripto ini, pengguna hanya perlu menyewa hash power atau mining rig yang ukuran kekuatannya dihitung dalam satuan Th/s atau Gh/s. Secara garis besar, Anda tidak perlu memiliki mining rig sendiri seperti yang harus dilakukan dalam cara menambang kripto yang lain.

Pihak yang menyediakan layanan cloud mining akan mengoperasikan sendiri fasilitas mining rig dan mereka akan memberi penawaran kepada Anda untuk memperoleh kesempatan menyewa atau membeli sebagian hash power yang sudah mereka hasilkan. Cara menambang kripto yang pertama ini memang sangat cocok bagi para pemula yang masih belum terlalu memahami bagaimana proses mining yang harus memecahkan kode matematika.

2. Platform Trading Bitcoin

Cara menambang kripto yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan keberadaan platform trading bitcoin yang kini sudah semakin banyak. Bahkan, Anda bisa menemui mereka dengan mudah di jejaring sosial terlebih dunia kripto kini menjadi semakin diminati oleh banyak orang. Akan tetapi, hal itu bukan berarti Anda bisa memilih platform tersebut dengan sembarangan begitu saja.

Sebab, proses mining ini cukup rumit dan harus dilakukan oleh pihak yang profesional. Dengan menggunakan cara menambang kripto yang satu ini, maka Anda juga harus memahami apakah platform trading tersebut memang sudah sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan yang dimiliki. Selain itu, Anda pun wajib memahami setiap fitur yang ada di dalamnya sehingga di kemudian hari tidak terjadi hal yang merugikan diri sendiri.

3. Pool Mining

Cara menambang kripto yang ketiga yaitu dengan cara pool mining, sebuah cara menambang yang dilakukan secara bersama-sama dengan pihak lainnya. Pihak tersebut terdiri atas gabungan para penambang mata uang kripto yang menggabungkan seluruh sumber daya komputasi yang mereka miliki secara bersama melalui suatu jaringan.

Setiap individu yang ada di pool mining akan menyumbangkan seluruh kekuatan mereka untuk menemukan blok yang baru. Apabila proses pengumpulan itu berhasil, maka mereka akan dihargai sesuai dengan seberapa besar proporsi kekuatan pemrosesan yang dilakukan oleh masing-masing individu. Namun, cara menimbang kripto ini juga terkadang akan memberi rewards secara relatif kepada seluruh kelompok.

Ada yang mewajibkan tiap individu Proof-of-Work mereka agar memperoleh rewards. Biasanya, hal tersebut dilakukan agar kelompok memperoleh keuntungan rata-rata dalam proses pembagian rewards. Ketika memakai cara menambang kripto yang satu ini, maka tingkat kerja sama antar anggota pun menjadi hal yang paling penting.

4. Solo Mining

Cara menambang kripto yang terakhir adalah solo mining, di mana Anda dapat melakukan proses penambangan kripto secara individu tanpa bantuan pihak yang lainnya. Untuk itu, maka seluruh peralatan yang harus dimiliki baik itu software dan hardware pun harus Anda siapkan sendiri. Memang cara menambang kripto ini akan membuat Anda mengeluarkan pengeluaran yang cukup tinggi.

Beberapa alat yang harus disiapkan di antaranya adalah alat komputer, motherboard, CPU, RAM, hard drive 250 GB untuk pemula, kipas pendingin komputer, graphics card yang mumpuni, dan lain-lain. Keseluruhan alat itu sangat penting sehingga proses penambangan dapat berjalan dengan lancar. Tidak hanya itu saja, namun solo mining juga membutuhkan daya listrik yang besar dan kemampuan menyelesaikan algoritma matematika yang rumit.

Karena tingkat kerumitan yang cukup tinggi, maka tidak mengherankan apabila penambang pemula terkadang tidak sanggup melakukan solo mining. Namun, jika Anda sudah merasa sanggup dan mampu menyediakan peralatan yang dibutuhkan, tidak ada salahnya mencoba hal ini karena nanti hasilnya pun dapat dinikmati sendiri tanpa harus membaginya dengan orang lain.

 

Bisakah Mining Bitcoin Pake HP?

Ternyata, cara menambang kripto menggunakan ponsel tidak sesulit yang dipikirkan oleh orang-orang. Mining bitcoin pake HP pun tetap bisa dilakukan sebab ponsel modern telah menjadi lebih kuat dari waktu ke waktu sehingga asalkan ponsel yang Anda miliki sudah disertai oleh spesifikasi yang mumpuni, maka menambang kripto bukanlah hal yang mustahil.

 

Berapa Lama Mining 1 ETH?

Diperkirakan bahwa kecepatan dalam menambang Ethereum masih bergantung pada seberapa tinggi tingkat kesulitan yang terus berbeda dan tingkat hash rig. Karena adanya tren GPU dan peliknya penambangan sekarang ini, kemungkinan besar waktu yang dibutuhkan untuk mining 1 ETH adalah satu setengah tahun atau lebih.

 

Cara Mempelajar Mining bagi Pemula

Setelah mengetahui tentang cara menambang kripto yang ada di atas, mungkin Anda masih merasa kurang memahami dan tetap memerlukan bantuan. Tidak perlu merasa kebingungan karena kini, pihak Crypstocks telah menyediakan beberapa kelas yang berguna untuk mempelajari hal tersebut. Beberapa kelas itu di antaranya adalah:

· Class C

Pada kelas yang pertama ini, Anda akan mendapatkan pelajaran mengenai panduan dasar blockchain, bitcoin, wallet, cryptocurrency, dan lain sebagainya. Kelas ini sangat sempurna bagi pemula yang baru terjun di dunia kripto.

· Class A

Kelas ini diperuntukkan bagi investor yang sudah memahami beberapa fundamental kripto agar bisa menguasainya secara lebih komprehensif lagi. Selain itu, akan diberi arahan tentang bagaimana cara mining yang sesuai.

Nah, begitulah beberapa cara menambang kripto dan informasi lainnya yang dapat menjadi ilmu pengetahuan terbaru bagi Anda. Pada dasarnya, menambang kripto memang tidak sekadar melakukan transaksi jual beli semata. Apabila Anda merasa tertarik namun tetap ragu-ragu dalam memulai kegiatan ini, maka kunjungilah https://crypstocks.co.id/ agar mendapatkan pelatihan dan pengajaran yang tepat dari para ahli yang profesional.

  Jika ingin mengetahui informasi selengkapnya terlebih dahulu dapat menghubungi admin di nomor Whatsapp +6282261100707.

 

Baca juga : Belajar Trading Mata Uang Kripto Bitcoin Bareng Crypstocks


Share on:


Add Comment

Chat Here!