Begini Cara Membuat Alat Penambang Bitcoin Mudah

Admin
21 November 2022
Artikel | 36 0

Begini Cara Membuat Alat Penambang Bitcoin Mudah | Crypstocks
Alat Penambang Bitcoin

Menambang Bitcoin merupakan salah satu aktivitas yang digemari oleh para investor untuk mendapatkan keuntungan aset cryptocurrency. Lalu, bagaimana cara membuat alat penambang Bitcoin agar semua orang bisa melakukannya? Banyak investor jangka panjang yang terjun pada dunia Bitcoin karena prospek dan keuntungannya yang diprediksi cukup menjanjikan karena pengoperasiannya juga di tidak terlalu sulit.

Menambang Bitcoin atau mining dalam dunia cryptocurrency merupakan proses pembuatan koin dan verifikasi transaksi Bitcoin pada jaringan. Selama ini, cara membuat alat penambang Bitcoin atau proses mining harus melalui proses yang sangat kompleks dan membutuhkan alat khusus yang berspesifikasi yang tinggi. Itulah sebabnya, tidak semua orang mampu melakukan mining Bitcoin.

Di dalam artikel ini, akan dibahas mengenai bagaimana proses mining Bitcoin, cara membuat alat penambang Bitcoin atau set up-nya, cara mendapatkan Bitcoin, dan juga bagaimana cara memulai investasi Bitcoin. Simak penjelasan secara lengkapnya berikut ini.

 

Bagaimana cara membuat alat penambang Bitcoin sekaligus perangkat apa yang digunakan?

Cara menambang Bitcoin tidak sama seperti menambang emas, perak, atau barang tambang lainnya. Jadi, cara membuat alat penambang bitcoin atau jika kamu ingin menambang Bitcoin maka yang harus dipersiapkan adalah seperangkat komputer yang canggih, perangkat lunak yang kompatibel, internet yang lancar, dan juga daya listrik yang tidak sedikit.

 

Berapa lama waktu yang dibutuhkan jika ingin  melakukan mining 1 Bitcoin?

Jika kamu ingin melakukan mining Bitcoin maka waktu yang dibutuhkan untuk mendapat 1 Bitcoin adalah kurang lebih 10 menit untuk setiap blok. Dalam waktu 10 menit tersebut, kamu juga bisa menghasilkan beberapa Bitcoin baru per blok. 

 

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk menambang 1 Bitcoin?

Karena biaya untuk menambang Bitcoin biasanya berpatokan pada dollar US, maka tentunya tidak sedikit jika dirupiahkan. Untuk menambang 1 Bitcoin membutuhkan biaya US$ 246,530 atau jika dirupiahkan menjadi Rp 3,7 miliar. Sayangnya bukan untung yang akan didapat jika menambang Bitcoin di negara ini, karena terkadang kerugiannya mencapai US$-226,000.

 

Pengertian Proses Mining Bitcoin

Salah satu cara untuk mendapatkan Bitcoin adalah melalui proses mining atau menambang. Seluruh transaksi Bitcoin ini melalui proses verifikasi yang disebut dengan mining yang mengkombinasikan  proses yang melibatkan perangkat lunak dan teknologi. Tujuan dari mining adalah untuk membantu proses produksi dan distribusi Bitcoin.

Proses mining juga dapat didefinisikan sebagai  tindakan untuk menambahkan transaksi ke blockchain sehingga semua orang dapat menyetujui rangkaian transaksi yang sama pada Bitcoin. Mining Bitcoin ini biasanya menggunakan komputer, dan pelakunya disebut sebagai crypto miner. Rangkaian dalam proses mining ini diantaranya proses verifikasi transaksi di blockchain untuk memperoleh Bitcoin.

Transaksi Bitcoin ini biasanya dilakukan dalam satu waktu pengumpulan dalam sebuah blok guna keperluan perhitungan. Manfaat dari cara membuat alat penambang Bitcoin adalah orang yang berhasil melakukan mining tidak perlu mengetahui cara perhitungan dan bagaimana ilmu matematika.

Selain itu, yang perlu diketahui adalah para pengguna cara membuat alat penambang Bitcoin harus mempunyai perangkat lunak dan keras yang memiliki spesifikasi tinggi untuk menambang Bitcoin. Belum lagi, sinyal internet dan juga daya listrik yang diperlukan juga harus lancar.

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Bitcoin?

Selain proses mining, tentunya terdapat beberapa cara  untuk mengumpulkan Bitcoin, berikut adalah penjelasannya.

● Farming, merupakan proses mendapatkan Bitcoin yang dilakukan dengan mengambil rewards hadiah kepemilikan aset crypto. Aset tersebut merupakan sebuah pancingan awal untuk menghasilkan crypto lainnya. Cara kerjanya berhubungan dengan Liquidity Providers (LPs) atau disebut penyedia likuiditas. Lalu, besar hadiah yang didapatkan yaitu sama dengan persentase kontribusi pada likuiditasnya. Metode ini semakin cuan jika perhitungannya dilakukan dengan sistem mingguan atau harian.

● Staking, merupakan cara memperoleh Bitcoin dengan perdagangan aset kripto. Cara kerjanya dengan menyimpan aset crypto pada e-wallet yang memiliki layanan staking. Setelah itu, aset investor akan disimpan ke dalam blockchain yang memiliki konsensus algoritma yaitu Proof-of-Stake (PoS) dalam jangka waktu tertentu.

 

Apa Saja Kriteria Perangkat untuk Mining Bitcoin?

Saat menambang Bitcoin, tentunya cara membuat alat penambang bitcoin juga harus didukung dengan perangkat yang memiliki spesifikasi kompatibel. Salah satu perangkat utama yang harus kamu miliki adalah yang mensupport Graphics Processing Units (GPUs/Graphic Card) atau Application Specific Integrated Circuits (ASICs).

Apalagi jika kamu mengetahui cara membuat alat penambang bitcoin ini memang tidak mudah, tentunya jangan kaget dengan biaya yang diperlukan. Hal ini karena alat untuk mining-nya juga harganya sangat fantastis. Belum lagi beberapa biaya tambahan konsumsi daya listrik yang harus beroperasi selama 24 jam per hari dalam seminggu. 

Kamu juga harus bersiap jika sudah mengetahui bagaimana cara membuat alat penambang Bitcoin sendiri dan mempraktekkannya. Karena risiko nilai cryptocurrency memang sangat fluktuatif. Di mana tidak ada jaminan jika uang yang kamu keluarkan akan berbalik menjadi keuntungan. Kecuali menggunakan GPU yang terdiri dari CPU biasa, DRAM, dan juga motherboard reguler. 

Setelah itu, langkah selanjutnya dalam cara membuat alat penambang bitcoin adalah mengetahui beberapa akses website yang menyediakan mining Bitcoin yang dapat ditarik sendiri, baik gratis atau berbayar. Contoh website-websitenya adalah sebagai berikut.

● ECOS

● SlushPool.

● Storm Gain

● K1 Pool

● ZHash.pro

● Easy BTC Mining

● Hash City

● BetterHash

● SimpleMining

● ZSolo

● Ice Mining

● CudaMiner

● MinerGate

● NiceHash

● CoinFly

● Crux Pool

● Slushpool

● Awesome Miner

 

Bagaimana Cara Setup Alat Penambangan Bitcoin?

Setelah semua perangkat dan tempat telah dipersiapkan, cara membuat alat penambang bitcoin selanjutnya yaitu dengan melakukan setup. Berikut adalah langkah-langkah setup alat penambangan Bitcoin dengan ASIC:

● Hubungkan Perangkat Pada Daya

Langkah pertama cara membuat alat penambang Bitcoin adalah menghubungkan perangkat pada daya. Pastikan semuanya tersambung dengan aman.

● Memastikan Terhubung dengan Internet

Langkah kedua cara membuat alat penambang bitcoin adalah memastikan perangkat benar-benar terhubung dengan internet. Hal ini cukup menggunakan kabel CAT5 atau CAT6.

● Pastikan Perangkat Mendapat Akses Router dan Tentukan Alamat IP Penambang

Langkah ketiga cara membuat alat penambang bitcoin adalah memastikan perangkat mendapat akses router dan tentukan alamat IP crypto miner dengan masuk ke pengaturan router dan menghubungkannya.

● Masuk ke Penambang

Setelah itu masuk ke pengaturan router, dan temukan alat tambang di daftar perangkat. Masukkan nama pengguna dan sandi lalu klik selesai jika sudah terisi. Setelah itu kami akan memasuki sistem operasi dari alat ini. Pada langkah cara membuat alat penambang bitcoin pada bagian ini, jika kamu tidak mengetahui username dan password, biasanya informasi ini tertulis pada petunjuk instalasi.

● Membuat Dompet Kripto

Langkah kelima dalam cara membuat alat penambang bitcoin adalah membuat dompet kripto untuk menyimpan hasil mining Bitcoin. Setelah wallet terbuat, pastikan juga kamu mendapatkan salinan alamatnya termasuk frasa pemulihannya.

● Menyiapkan Pool Penambangan

Langkah keenam dalam cara membuat alat penambang bitcoin adalah menyiapkan pool penambangan untuk menemukan hash bersama. Kamu dapat mendaftar dan menghubungkan perangkat pada Pool yang kamu inginkan.

● Menentukan URL Pool

Langkah terakhir, dalam cara membuat alat penambang bitcoin adalah menentukan URL Pool yang dipilih, username, dan password pada tab Miner Configuration. Lalu, klik tombol “Save and Apply“, dan proses mining akan dimulai.

 

Demikian informasi mengenai cara membuat alat penambang Bitcoin mudah. Jika kamu ingin memulai investasi Bitcoin (BTC) dan dan beberapa aset kripto lainnya dengan harga terbaik dan spread rendah maka dapat mengunjungi laman http://crypstocks.co.id/. Cepat daftar dan mulai investasimu sekarang juga.

 Jika ingin mengetahui informasi selengkapnya terlebih dahulu dapat menghubungi admin di nomor Whatsapp +6282261100707.

 

Baca juga : Ilmu Nambang Bitcoin Anti Rug Bareng Crypstocks


Share on:


Add Comment

Chat Here!