Apa Itu Investasi Bodong dan Cara Mencegahnya

Admin
15 Juli 2022
Artikel | 97 0

Apa Itu Investasi Bodong dan Cara Mencegahnya | Crypstocks
Apa Itu Investasi Bodong dan Cara Mencegahnya

Untuk menghindari penipuan, Anda harus mengetahui apa itu investasi bodong dan cara mencegahnya. Belakangan ini ada banyak investasi bodong yang menipu dan menguras modal orang yang awam.

Investasi adalah penanaman modal yang dilakukan pada suatu usaha atau perusahaan dengan harapan mendapatkan keuntungan. Namun, pada akhir pembagian keuntungan, ada perusahaan yang tidak dapat memberikan keuntungan sesuai yang ditawarkan di awal perjanjian dan hanya digunakan sebagai strategi marketing saja. Hal ini biasa disebut sebagai investasi bodong.

Hingga bulan Maret 2022 ada sebanyak 20 entitas yang melakukan atau mengajak investasi tanpa ijin legalitas yang sah. Diantaranya adalah 9 entitas di bidang money game, 3 entitas robot trading tanpa ijin, 3 entitas perdagangan kripto tanpa ijin, 5 entitas investasi illegal lainnya.

 

Apa Itu Investasi Bodong dan Cara Mencegahnya

Agar tidak terkena investasi bodong, Anda harus mengetahui cara – cara untuk mencegahnya. Beberapa diantaranya adalah dengan waspada terhadap tawaran investasi yang sangat menarik dan melakukan pengecekan dokumen perijinan lembaga terkait.

1. Waspada Terhadap Tawaran yang Sangat Menarik

Anda harus lebih teliti terhadap tawaran investasi yang menawarkan keuntungan dalam jumlah besar namun dengan modal atau jumlah investasi yang kecil dan dalam waktu singkat.

Tidak semua tawaran investasi yang menarik adalah palsu namun Anda harus lebih teliti apakah secara hitungan secara sederhana investasi tersebut masuk akal dan dapat dijalankan. Ini adalah cara termudah mendeteksi apa itu investasi bodong dan cara mencegahnya.

2. Melakukan Pemeriksaan Dokumen Perijinan

Setiap perusahaan yang melakukan kegiatan menghimpun dana dari masyarakat harus terdaftar dan memiliki ijin dari lembaga terkait seperti BAPEPAM – LK atau Badan Pengawas Pasar Modal dan BAPPEBTI atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi.

Anda harus waspada terhadap perusahaan investasi yang hanya dapat mengeluarkan SIUP atau Surat Ijin Usaha Perdagangan dan tidak dapat menunjukkan ijin dari BAPEPAM dan BAPPEBTI.

Untuk mengetahui perusahaan apa saja yang sudah terdaftar dan berijin, Anda dapat melihat di website OJK atau melalui hotline OJK atau email ke alamatnya. Agar Anda dapat memastikan apa itu investasi bodong dan cara mencegahnya.

3. Ketahui Cara Pemasaran dan Bentuk Produk yang Ditawarkan

Perusahaan investasi yang resmi dan terpercaya biasanya memiliki mekanisme investassi, cara kerja dan pembagian keuntungan yang baku serta memiliki standar oerasional prosedur yang jelas.

Tapi perusahaan invesatsi bodong biasanya tidak memiliki standar operasional prosedur baku yang jelas terkait mekanisme investasi dan pembagian hasil investasi. Bahkan ada juga investasi bodong yang tidak memiliki produk resmi. Sebaiknya hindari promotor yang tidak bisa menguraikan rencana investasi dengan benar.

Sebelum menandatangani perjanjian, baca dengan detail dan teliti isi perjanjian yang diberikan. Bila ada pasal yang tidak Anda mengerti sebaiknya tanyakan dengan jelas kepada petugas terlebih bila ada kecurigaan apa itu investasi bodong dan cara mencegahnya.

Cari tahu latar belakang perusahaan yang menyediakan produk investasi tersebut. Waspada terhadap rayuan yang memaksa Anda untuk segera mengambil keputusan atau menyetujui pembelian.

Kumpulkan data yang lengkap terkait produk investasi. Bila uang Anda diinvestasikan dalam perkebunan atau usaha pertanian, sebaiknya lihat secara langsung bagaimana bisnis tersebut berjalan.

4. Jangan Merasa Ketinggalan Jaman

Jangan mengikuti investasi hanya karena takut ketinggalan jaman. Sehingga merasa bila tidak berinvestasi maka belum mempersiapkan masa depan. Padahal investasi tidak bisa dilakukan hanya karena ikut – ikutan namun harus dilakukan dengan dasar keilmuan.

5. Merencanakan Investasi dengan Benar

Petakan tujuan investasi dengan jelas, sehingga jangka waktu investasi dan instrument investasi yang dipilih jelas dan terarah.

 

Agar dapat merencanakan investasi dengan tepat, Anda dapat mengikuti kursus di crypstocks.co.id atau hubungi melalui Whatsapp ke nomor +6282261100707. Terdapat berbagai kelas mulai dari beginner, intermediate dan advance serta orivate group. Tersedia juga berbagai macam tema yang ingin Anda fokuskan dalam belajar.

Cerdas dalam memulai investasi dapat menanggulangi agar Anda tidak terkena penipuan. Hal ini juga dapat mencegah terjadinya apa itu investasi bodong dan cara mencegahnya.


Share on:


Add Comment

Chat Here!