5 Cara dan Tutorial Trading untuk Pemula dengan Mudah

Admin
25 September 2021
Artikel | 199 0

5 Cara dan Tutorial Trading untuk Pemula dengan Mudah | Crypstocks
Tutorial trading untuk pemula

 

Sebagai seorang pemula, tentu memerlukan panduan atau tutorial trading untuk pemula. Mengingat risiko di dunia pasar modal cukup tinggi. Adanya insight atau panduan tentang bagaimana seharusnya trading dilakukan, bisa membantu meminimalkan risiko tersebut.

Keuntungan adalah tujuan utama dari melakukan aktivitas trading, baik oleh pemula maupun profesional, tetapi keuntungan tidak semata – mata yang dikejar. Pengalaman, relasi, dan komunitas juga bisa menjadi tujuan ketika melakukan aktivitas trading ini.

Keuntungan ini baru bisa didapatkan ketika trader menyusun strategi yang tepat, mulai dari memilih bagaimana brokernya, hingga memilih berapa target profitnya. Hal – hal ini terkadang tidak disadari oleh pemula, karenanya harus ada petunjuk atau tutorial tentangnya.

5 Tutorial Trading untuk Pemula Agar Profit

Tutorial tidak 100% menjamin bahwa pemula bisa langsung memiliki profit tinggi, tetapi bisa menjadi gambaran besar bagaimana proses seorang profesional mendapatkan profitnya. Mempelajarinya mampu memperkaya khazanah pengetahuan dan melatih kepekaan kamu sebagai pemula.

1.      Miliki Pengetahuan Dasar dan Keterampilan Dasarnya

Memiliki pengetahuan dasar dan keterampilan merupakan hal mendasar untuk dikuasai sebelum terjun ke dunia trading. Minimal memahami bagaimana sebuah aset bisa berkembang nilainya, apa saja yang mempengaruhi, dan bagaimana memprediksinya.

Memiliki keterampilan analisis juga akan membantu mengurangi spekulasi dalam memilih asetnya, karena tidak semua aset memiliki prospek bagus. Terkadang saat ini nilainya naik, tetapi karena banyaknya permintaan penjualan, nilainya bisa turun drastis.

Pengetahuan ini akan membantu ketika sudah terjun langsung dan menghadapi dinamika nilai modal fluktuatif. Salah satunya membentuk sikap hati – hati ketika melihat fenomena, seperti sebuah aset nilainya terjun bebas atau naik drastis.

2.      Pilihlah Broker yang Sesuai dengan Target Finansialmu

Selain pengetahuan, broker juga berpengaruh terhadap proses tradingmu, contohnya, ketika memiliki broker yang memiliki nilai transaksi tinggi, maka profit akan terpotong banyak. Sehingga total profit bersihnya hanya sedikit sekali.

Begitu juga ketika tidak menggunakan platform terpercaya atau memiliki payung hukum, ada potensi ‘dicurangi’. Tidak sedikit pengalaman trader pemula yang modalnya ‘nyangkut’ di broker tidak bisa ditarik ke rekening, akibatnya rugi jutaan rupiah.

3.      Tidak Harus Memulai dengan Modal Besar

Kesalahan pertama ketika tidak mengetahui tutorial trading untuk pemula adalah memulai aktivitasnya dengan modal besar. Pandangan ini muncul karena adanya pemahaman semakin besar modalnya, keuntungannya juga semakin besar.

Namun akan lebih tepat apabila memulai menggunakan modal kecil terlebih dahulu, ingat tujuan utama bukan keuntungan semata, tetapi pengetahuan dan pengalaman. Memulai dengan modal kecil juga bisa menjaga psikologis tetap sehat dan tenang ketika menghadapi rugi.

4.      Pilih Instrumen yang Tepat

Ada banyak sekali jenis modal atau instrumen trading yang beredar, penting diketahui bahwa tepat memilih instrumen bisa menghasilkan profit tinggi. Untuk menentukan instrumen tepat bagi kamu, ada beberapa langkah – langkahnya.

Pertama kenali faktor risiko, apakah suka dengan angka fluktuasi ekstrem atau tidak. Kedua pahami tingkat fluktuasinya, apakah cenderung rendah atau cenderung ekstrem. Ketiga adalah target finansial, apakah hendak untung atau mendapatkan pengalaman saja.

5.      Miliki Sikap Rasional dan Realistis

Tutorial terakhir adalah bersikap rasional serta realistis, trading bukan hanya terkait teknik dan strategi, tetapi juga mental. Terkadang karena ada fluktuasi tidak terduga sedikit bisa mengguncang psikologis, memicu stress, bahkan khawatir berlebihan.

Untuk mencegah hal itu terjadi, pastikan bersikap rasional serta realistis. Janganlah termakan hype atau rakus, karena pada ujungnya keputusan dibuat secara emosional. Potensi kerugiannya lebih tinggi serta tidak dapat mengontrol tingkat risikonya.

Selain mempelajari tutorial, juga lebih baik apabila dilengkapi dengan mengikuti kelas, seperti di Crypstocks karena tutorial disadari kurang teknis petunjuknya. Kamu dapat bergabung bersama kelas Crypstocks yang mampu melengkapi tutorial trading untuk pemula untuk pemula.

 

 

 

 Baca juga : Belajar Cara Memilih Crypto yang Benar

 Mau Belajar Crypto, Blockchain, dan Bitcoin Dengan Kurikulum Lengkap dari Pemula Sampai Advance? 

Daftar Sekarang:
www.crypstocks.co.id/courses


Share on:


Add Comment

Chat Here!