10 Keuntungan Bisnis Kripto yang Perlu Kamu Ketahui

Admin
20 November 2022
Artikel | 44 0

10 Keuntungan Bisnis Kripto yang Perlu Kamu Ketahui | Crypstocks
Keuntungan Bisnis Kripto

Minat terhadap perdagangan mata uang kripto mengalami pertumbuhan pesat tak hanya di kancah internasional tetapi juga di Indonesia. Dilansir dari Kepala Bappebti, selama tiga tahun terakhir, nilai transaksi aset kripto mengalami peningkatan luar biasa. Banyak orang mendulang banyak untung dari bisnis kripto. Hal ini memotivasi lahirnya investor-investor pemula yang mengharapkan keuntungan yang sama dari bisnis kripto.

 

Bisnis Kripto dan Keuntungannya

Walaupun memiliki volatilitas cukup besar, aset kripto dapat mendatangkan profit besar jika diperjualbelikan dengan strategi yang tepat. Berikut ini keuntungan menjalankan bisnis kripto.

1. High-Return

Bisnis kripto berpeluang menghasilkan high-return asalkan dilakukan dengan rencana matang dan strategi yang tepat. Banyak investor atau trader yang telah mendapat untung ratusan persen dari bisnis krito. Tetapi perlu diingat juga bahwa imbal hasil yang baik selalu dibarengi dengan risiko tinggi. |

Karena itu sebelum memulai bisnis kripto, penting untuk mengenali profil risiko diri sendiri apakah tergolong tipe investor agresif, moderat, konservatif, atau sangat konservatif. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi profil risiko seseorang yaitu umur, pendapatan, pengetahuan, dan jumlah tanggungan.

2. Fleksibel

Berbeda denga pasar saham yang hanya beroperasi 5 hari kerja (Senin – Jumat) dan hanya 7 jam per harinya, pasar kripto buka 24 jam nonstop setiap hari tanpa libur. Artinya, trader dan investor lebih fleksibel dalam memperjualbelikan aset.

Investasi atau bisnis kripto bagi kebanyakan orang bukan pekerjaan utama melainkan kegiatan sampingan untuk mendapatkan cuan. Dengan akses 24 jam, kita tetap dapat melakukan bisnis kripto tanpa menganggu pekerjaan utama. Transaksi dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun tanpa batasan waktu asalkan terhubung internet.

3. Banyak Pilihan Jenis Aset Kripto

Saat ini ada ribuan mata uang kripto yang diperdagangkan. Di satu sisi, hal tersebut dapat membuat bingung apalagi bagi pemula yang baru memulai bisnis kripto. Di sisi lain, banyaknya pilihan memudahkan diversifikasi portofolio.

Diversifikasi portofolio dalam bisnis kripto adalah memasukkan uang ke dalam beberapa proyek kripto berbeda untuk memperkecil risiko atau kerugian jika satu atau lebih proyek berkinerja buruk. Strategi diversifikasi portofolio antara lain jenis kripto, diversifikasi geografis, aspek utility, dan diversifikasi industri.

4. Pencairan Mudah

Penarikan aset kripto bersifat real-time. Artinya aset kripto dapat ditarik atau dicairkan kapan saja dengan harga yang berlaku pada saat itu juga. Namun, perlu diperhatikan bahwa setiap exchange memiliki ketentuan berbeda-berbeda terkait proses withdrawal.

Cara melakukan penarikan cukup mudah. Pertama, buka Wallet di platform exchange. Kemudian pilih menu withdrawal. Lalu, pilih mata uang. Jangan lupa tuliskan jumlah dana dan alamat wallet dari platform lokal.

5. Praktis

Berinvestasi di real estate, obligasi, dan saham cenderung merepotkan karena banyak dokumen yang harus disiapkan. Lain halnya dengan bisnis kripto yang bisa dilakukan dalam hitungan jari tanpa berkas yang rumit. Cukup unduh aplikasi platform exchange dari Playstore atau Google Play. Setelah itu, lakukan proses pendaftaran, deposit, dan jual beli aset.

6. Bisa Dimulai dengan Modal Kecil

Siapapun bisa mulai bisnis kripto karena tidak diperlukan modal besar. Hal ini karena koin dapat dibeli secara fractions atau pecahan sehingga harganya lebih murah. Misalnya, kalian bisa membeli 0.001 BTC seharga 262ribuan saja. Hal ini sangat menguntungkan pemula yang mungkin belum memiliki cukup modal.

7. Transaksi Aman

Karena menggunakan teknologi blockchain yang terus diperbaharui, transaksinya bisa dibilang  aman. Beberapa langkah meningkatkan tingkat keamanan penggunaan antara lain memberikan kebijakan login yang tepat, memberikan notifikasi jika terjadi aktivitas mencurigakan, dan  sejumlah langkah lainnya.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           

8. Biaya Transaksi Rendah

Biaya transaksi berbeda tergantung pada exchange yang meperjualbelikannya. Biasanya mereka menawarkan harga kompetitif agar tetap bisa bersaing satu sama lain.       

9. Diterima di Seluruh Dunia

Mata uang kripto berlaku di seluruh dunia dengan nilai yang sama. Hal ini memungkinkan siapa saja untuk membeli dan menjual aset kripto dari mana pun dan kepada siapapun. Dengan kata lain, bisnis kripto punya potensi karena cakupannya sangat luas.

10. Pergerakan Harga Dinamis

Berbeda dengan instrument investasi lain yang membutuhkan waktu lama agar harganya naik, mata uang kripto memiliki pergerakan harga dinamis. Fluktuasi harga kripto memang menjadi tantangan tersendiri dalam bisnis kripto. Di sisi lain, trader dapat memanfaatkan naik turunnya harga untuk meraup cuan.

Strategi ini dikenal dengan nama trading jangka pendek. Namun untuk melakukannya, trader harus rajin memantau pasar sehingga bisa menentukan timing yang tepat untuk membeli atau menjual aset kripto. Dengan cara ini, profit dapat didapat dalam hitungan minggu, hari, atau bahkan jam.

Bayangkan jika kalian berinvestasi emas atau properti. Keuntungan yang signifikan mungkin baru bisa didapat 10 tahun kemudian atau bahkan lebih lama. Inilah alasan kenapa bisnis kripto bisa mendatangkan keuntungan lebih cepat walaupun sedikit-sedikit.

 

Beli Crypto di Mana?

Mata uang kripto dapat dibeli di bursa aset kripto atau cryptocurrency exchange, yaitu platform digital untuk menukar satu kripto dengan kripto lainnya. Melalui exchange, pembelian dan penjualan koin, pertukaran mata uang kripto, dan pertukaran uang fiat menjadi kripto dapat dilakukan.

Bursa aset kripto menentukan nilai mata uang baik token maupun koin. Harga aset kripto biasanya tergantung dari permintaan dan penawaran antara penjual dan pembeli, walaupun ada banyak faktor lain yang mempengaruhi nilai cryptocurrency. 

Berbagai exchange memiliki fungsi berbeda-beda. Beberapa di antaranya ditujukan untuk pertukaran crypto-fiat dengan cepat, sementara yang lain dirancang untuk trading. Ada pula tempat pertukaran crypto yang didesain khusus untuk trader reguler di mana mereka bisa membeli crypto dan menjualnya dengan biaya lebih rendah dibanding pertukaran crypto-to-fiat.

Pada dasarnya, bursa aset kripto memiliki cara kerja hampir sama dengan bursa saham biasa. Jika di bursa saham keuntungan jual beli aset didapat dari kurs yang berubah-ubah, bisnis kripto mendapat keuntungan dari kurs mata uang yang fluktuatif.

 

Bagaimana Memulai Bisnis Crypto?

Sebelum memulai bisnis kripto, tentu kalian harus mendaftar akun di platform exchange kripto. Bagi pemula, disarankan untuk menggunakan platform exchange yang terdaftar di Bappebti. Selain proses pendaftaran akun lebih mudah, transaksi diawasi oleh pemerintah sehingga jika investor mengalami kerugian, misalnya tidak bisa withdraw, pemerintah bisa membantu menyelesaikan masalah.

Langkah berikutnya adalah menyelesaikan proses verifikasi atau konfirmasi identitas yang disebut dengan Know Your Customer (KYC). Langkah terakhir adalah melakukan deposit di exchange tersebut lalu kalian bisa langsung memulai bisnis kripto dengan memilih aset kripto yang akan diperdagangkan.

Walaupun bisnis kripto bisa mendatangkan keuntungan besar, investasi selalu melekat dengan risiko. Jika kita menginginkan return tinggi, tentu risikonya juga tinggi. Untuk mengurangi risiko tersebut, diperlukan strategi yang tepat. Strategi berinvestasi kripto dapat dipelajari di http://crypstocks.co.id/ di mana kalian akan belajar seluk beluk kripto sebagai aset digital dan informasi terupdated tentang pasar kripto.

 Jika ingin mengetahui informasi selengkapnya terlebih dahulu dapat menghubungi admin di nomor Whatsapp +6282261100707.

 

Baca juga : Kenali Kegunaan Fear and Greed Index di Pasar Crypto


Share on:


Add Comment

Chat Here!